News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Gunakan Laser, Batu Saluran Empedu Bisa Hilang Tanpa Bedah

Penulis: Wahyu Gilang Putranto
Editor: Bobby Wiratama
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi sakit batu empedu - Perkembangan teknologi medis saat ini memungkinkan penghancuran batu empedu tanpa melalui prosedur pembedahan.

TRIBUNNEWS.COM - Perkembangan teknologi medis saat ini memungkinkan penghancuran batu empedu tanpa melalui prosedur pembedahan.

Batu empedu adalah endapan keras yang terbentuk di dalam kantong empedu dan saluran empedu.

Kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit hebat, infeksi, mata kuning dan komplikasi serius lainnya jika tidak ditangani dengan baik.

Teknologi untuk menghancurkan batu empedu tanpa melalui bedah yang invasif yaitu menggunakan teknologi laser serta Electrohydraulic Lithotripsy (EHL).

Hal itu diungkapkan Ketua Panitia Workshop 2nd Maestro, dr. Anung Noto Nugroho, Sp.B-KBD, dalam Workshop 2nd Maestro yang diselenggarakan RSUD Dr. Moewardi pada 2-4 Juni 2024.

“Penanganan batu saluran empedu dengan laser mengandalkan energi cahaya terfokus untuk menghancurkan batu, sedangkan EHL menggunakan gelombang kejut elektrohidraulik untuk memecahnya menjadi partikel kecil,” jelas dr. Anung kepada Tribunnews.

Workshop 2nd Maestro yang diselenggarakan RSUD Dr. Moewardi pada 2-4 Juni 2024, membahas metode teknologi penghancuran batu empedu tanpa bedah. (Tribunnews/IST)

Menurut dr. Anung, teknologi laser adalah solusi revolusioner yang memiliki banyak keuntungan.

“Dengan teknologi laser maka penanganan batu empedu ini tidak ada irisan luka, batu cepat hancur dan pemulihannya pun lebih cepat,” jelasnya.

dr. Anung menjelaskan, prosedur laser dilakukan dengan bantuan kamera endoskopi, yang memungkinkan dokter melihat batu secara langsung dan mengarahkan sinar laser dengan tepat.

Prosedur ini melibatkan penggunaan sinar laser / EHL untuk memecah batu saluran empedu menjadi fragmen kecil yang dapat dikeluarkan secara alami melalui usus halus.

"Teknologi laser memungkinkan kita mengatasi batu saluran empedu dengan cara yang lebih aman dan minim invasif," tambahnya.

Baca juga: Agar Terhindar dari Penyakit Batu Empedu: Perbanyak Makan Buah dan Sayur Hindari Makanan Olahan

"Dengan ini, kita bisa menghindari operasi besar dan risiko yang menyertainya."

dr. Anung memaparkan, prosedur laser untuk penanganan batu saluran empedu sudah dilakukan di RSUD Dr. Moewardi karena saat ini Unit Endoscopy di Instalasi Minimal Invansif telah menyediakan alat-alat endoskopi yang canggih seperti Endoscopic Ultrasound (EUS), Spyglass, laser dan EHL.

Berbekal dari keberhasilan penanganan kasus-kasus gastroenterology pancretobilier di RSUD Dr. Moewardi serta ditunjang oleh kompetensi dokter dan peralatan medis yang lengkap, RSUD Dr. Moewardi menyelenggarakan Workshop 2nd Maestro (Master of Advanced Endoscopy Gastrobiliary) tersebut.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini