News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Dokter: Paparan BPA Berbahaya saat Dikonsumsi Lebihi Batas Maksimal

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Anita K Wardhani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Subspesialis Endokrinologi, Metabolisme, dan Diabetes Dr. dr. Laurentius Aswin Pramono Sp.PD-KEMD, dalam diskusi Forum Ngobras di Jakarta Selatan, Selasa (10/9/2024).

Laporan wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Subspesialis Endokrinologi, Metabolisme, dan Diabetes Dr. dr. Laurentius Aswin Pramono Sp.PD-KEMD, mengatakan, sejauh ini dalam pedoman dunia kedokteran dan kesehatan yaitu evidence-based medicine (kedokteran berbasis bukti) belum ada bukti ilmiah yang menyatakan, BPA (Bisphenol-A) bisa menyebabkan masalah Kesehatan.

Karena itu, masyarakat tidak perlu khawatir dalam menyikapi isu yang berkaitan dengan BPA.

Baca juga: Bagaimana BPA dalam Kemasan Dapat Bermigrasi ke Air? Ini Penjelasan Pakar

“BPA tidak masuk ke guideline manapun sama sekali. Belum ada konsensus bahwa BPA menyebabkan diabetes atau kanker. Belum ada sama sekali. Belum ada bukti (penelitian ilmiah) pada manusia. Yang ada hanya penelitian di lab dengan hewan coba,” terang ahli endokrin-metabolik ini dalam diskusi Forum Ngobras di Jakarta Selatan, Selasa (10/9/2024).

Ia menerangkan, penelitian yang dipublikasi saat ini merupakan penelitian ketika BPA diberikan secara sengaja dalam dosis yang sangat besar sehingga menimbulkan risiko kesehatan pada hewan coba.

Karena itu, BPA menyebabkan diabetes, kolesterol tinggi, kanker, infertilitas dan lain-lain, adalah mitos yang menyesatkan.

Demikian pula dengan kanker, infertilitas, obesitas, dan berbagai penyakit degeneratif lainnya.

“Tidak ada satu pun dari penyakit ini yang disebabkan oleh BPA. Penyebab diabetes bukanlah BPA, melainkan penurunan produksi insulin akibat gaya hidup yang kurang baik, dan usia,” terang Dr. dr. Aswin.

Fakta lainnya, tubuh manusia akan memetabolisme berbagai zat kimia termasuk BPA.

BPA yang secara tidak sengaja masuk ke dalam tubuh, akan dibuang dan tidak terakumulasi di dalam tubuh.

Baca juga: Bukan Sekadar Tren, Masyarakat Perlu Mengetahui Fakta Terkait BPA dan Bahayanya

“Hati atau liver bisa memecah rantai BPA, dan dibuang melalui saluran pencernaan lewat BAB. Ada sebagian yang masuk ke ginjal, dan dibuang melalui urin,” jelas Dr. dr. Aswin.

Jika berat badan (BB) 75 kg, maka batas asupan harian BPA maksimal yaitu (4 x 75) = 300 mg.

Sekalipun air minum terpapar oleh BPA, kadarnya hanya 1/1.000 bagian.

Sehingga memerlukan 10.000 liter air dalam sekali minum untuk bisa mendapatkan kadar BPA yang melebihi ambang batas aman.

“Dan ini hal yang mustahil,” ujar dia.

Dokter Aswin mengingatkan, jangan mudah termakan isu yang beredar dan tidak bisa dipercaya kebenarannya.

“Jangan khawatir berlebihan dengan isu-isu seperti itu. Banyak sekali bahan kimia yang lebih berisiko, misalnya asap rokok, sedangkan BPA belum masuk kategori karsinogen. Bijaklah memilih informasi yang benar. Jangan sampai terlalu cemas sampai tidak mau minum air. Hiduplah yang baik-baik saja,” ujar Dr. dr. Aswin.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini