News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Bangkitkan Imajinasi Anak dengan Koleksi Busana Si Kecil Bergambar Ikonik  

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Willem Jonata
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi anak.

Laporan Wartawan Tribunnews.com Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Setiap ibu pasti setuju bahwa menumbuhkan mimpi anak adalah hal yang penting, dan imajinasi anak adalah salah satu aspek paling vital untuk mencapainya.

Ketika anak-anak bermain dan berimajinasi, mereka berlatih menciptakan dunia baru, karakter, dan cerita dari yang mereka bayangkan.

Dengan bimbingan dan dukungan ibu, anak-anak merasa lebih percaya diri untuk berekspresi dan mengeksplorasi ide-ide kreatif mereka, memupuk kreativitas yang akan bermanfaat di berbagai aspek kehidupan mereka.

Imajinasi juga berperan penting bagi perkembangan psikologis dan emosional, serta dapat membantu mereka dalam memahami dunia.

Pakar psikologi anak dari The Institute for Neuro-Physiological Psychology, Sally Goddard Blythe menilai mengasah daya imajinasi anak akan memberikannya kemampuan untuk memecahkan masalah ketika dewasa nanti.

“Imajinasi dapat membantu anak untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah, menciptakan ide baru, sudut pandang baru, dan berpikir kritis terhadap berbagai hal yang ada dalam hidupnya," ujar Sally seperti dikutip dari telegraph.

Adalah tugas orangtua adalah membantu anak agar imajinasi yang mereka miliki dapat berkembang.

Salah satu orang genius dunia, Albert Einstein juga punya berpendapat  tentang imajinasi.

"Imajinasi lebih penting dari pengetahuan karena melalui imajinasi, terciptalah pengetahuan-pengetahuan baru yang sebelumnya tidak pernah terbayangkan," katanya.

Imajinasi sangat penting untuk mengembangkan kreativitas dan juga pengertiannya tentang dunia.

Imajinasi pada setiap anak tidaklah sama karena ada anak-anak yang memiliki daya imajinasi tinggi dan tidak jarang pula ada anak yang tingkat imajinasinya lemah sehingga perlu upaya membangun imajinasi anak supaya tumbuh kembang anak bisa berjalan secara optimal.

Kegiatan bermain imajinatif dengan anak-anak merupakan kesempatan emas bagi ibu untuk memperkuat ikatan emosional.

Ketika ibu terlibat dalam permainan dan petualangan imajinatif anak, hubungan mereka menjadi lebih dekat dan lebih saling memahami.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini