News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2024

Survei Poltracking: Elektabilitas Prabowo Tertinggi, Diikuti Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan

Penulis: Reza Deni
Editor: Adi Suhendi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto. Nama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berada di urutan teratas elektabilitas calon presiden menurut hasil survei Poltracking Indonesia.

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Nama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berada di urutan teratas elektabilitas calon presiden menurut hasil survei Poltracking Indonesia.

Dalam simulasi 20 nama, Prabowo Subianto memperoleh persentase 28,8 persen, diikuti capres PDIP Ganjar Pranowo dengan 27,5 persen, dan capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan dengan 19,3 persen.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda mengatakan angka tersebut dihasilkan sebelum Ganjar dideklarasikan sebagai capres PDIP.

"Angkanya Prabowo dan Ganjar terpaut tipis di margin error', tapi Prabowo relatif di atas tipis," kata Hanta dalam rilis survei secara daring, Jumat (28/4/2023).

Hanta mengatakan setelah ketiga nama tersebut, 17 nama lainnya meraih persentase di bawah 5 persen, di antaranya Ridwan Kamil (3 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (2,8 persen), Erick Thohir (2,3 persen), Sandiaga Uno (1,7 persen), Andika Perkasa (1,6 persen), Ahmad Heryawan (1,3 persen), dan Mahfud MD (1,2 persen).

Baca juga: Sandiaga Uno Dinilai Berpeluang Besar Jadi Cawapres Dampingi Ganjar di Pilpres 2024

Sementara dalam simulasi 10 nama, Prabowo juga masih berada di urutan teratas dengan persentase 30,1 persen, lalu Ganjar Pranowo 28,3 persen, dan Anies Baswedan 20,4 persen.

"Peta elektoral terutama Pilpres semakin sulit, muncul nama di luar ketiga nama ini," kata Hanta.

Sebagai informasi tiga periode survei Poltracking Indonesia digelar pada bulan Februari, Maret dan April 2023 dengan masing-masing melibatkan 1.220 responden yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga: Golkar Tetap Pilih Airlangga Hartarto Jadi Capres Ketimbang Usung Ganjar Pranowo di Pilpres

Populasi responden survei adalah warga Indonesia yang sudah memiliki hak pilih berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah. Metode sampel menggunakan multistage random sampling. Wawancara survei dilakukan tatap muka langsung dengan responden terpilih pada Februari, Maret dan April 2023.

Margin of error dalam survei ini kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen untuk tiap periode survei.

6 Hasil Survei Terbaru

Berikut ini perbandingan elektabilitas Prabowo, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. Siapa yang unggul saat ini?

1. Survei LSI

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini