News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pemilu 2024

Maruli Simanjuntak Diyakini Mampu Jaga Netralitas TNI AD di Tahun Politik

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Adi Suhendi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Letjen Maruli Simanjuntak memberi hormat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat pelantikannya sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Rabu (29/11/2023) di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI Fraksi Partai Golkar Christina Aryani, mengucapkan selamat bertugas untuk Letjen Maruli Simanjuntak yang telah dilantik sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Christina meyakini dengan pengalaman dimiliki Maruli Simanjuntak, TNI AD akan netral dan tak berpihak kepada mana pun di Pemilu 2024.

"Kami yakin dengan bekal pengalaman dan kualitas kepemimpinan yang sudah ditunjukkan, TNI AD di bawah kepemimpinan KSAD Maruli akan mampu menjaga netralitas dan komitmennya pada kepentingan negara yang lebih besar," kata Christina kepada Tribunnews.com, Rabu (29/11/2023).

Di sisi lain, Christina mendorong agar aspek pembinaan prajurit tetap jadi fokus Maruli Simanjuntak sebagai KSAD.

"Sehingga prajurit TNI AD makin menunjukan sisi profesionalitasnya serta semakin dicintai rakyat," ujar Christina.

Sekadar informasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Letnan Jenderal (Letjen) Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11/2023).

Baca juga: Maruli Simanjuntak Dilantik Jadi KSAD, PSMTI Berharap Sinergitas dengan TNI Terus Berlanjut

Sebelumnya Maruli menjabat sebagai Panglima Kostrad (Pangkostrad).

Pelantikan ini didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 103/TNI Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.

“Bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” ujar Presiden mendiktekan sumpah jabatan kepada Maruli.

Usai pengucapan sumpah jabatan, Presiden Jokowi dan Maruli menandatangani berita acara pelantikan KSAD disaksikan oleh Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Baca juga: Profil dan Jejak Karier Letjen Maruli Simanjuntak Dilantik Jadi KSAD Gantikan Agus Subiyanto

Maruli dilantik menggantikan pendahulunya Jenderal TNI Agus Subiyanto yang dilantik menjadi Panglima TNI pada pekan lalu.

Dengan pelantikan ini, Maruli memperoleh kenaikan pangkat satu tingkat dari Letnan Jenderal TNI menjadi Jenderal TNI.

Tampak hadir dalam acara pelantikan tersebut antara lain, Kepala Staf Angkatan Laut Muhammad Ali, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Fadjar Prasetyo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Kepala Staf Presiden Moeldoko, Mendagri Tito Karnavian, Menkoplhukam Mahfud Md, Menseskab Pramono Anung, Mensesneg Pratikno, dan Ketua Wantimpres Wiranto.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini