News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2024

Hasil Survei Elektabilitas Capres-Cawapres, Mahfud MD Mengaku Tak Resah

Penulis: Muhamad Deni Setiawan
Editor: Garudea Prabawati
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bakal pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul atas Ganjar Pranowo-Mahfud MD serta Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dalam dua survei terbaru, Poltracking dan Populi Center. Inilah hasil survei terbaru elektabilitas capres dan cawapres. Mahfud MD selaku cawapres nomor urut 3 mengaku tak resah dengan hasil survei.

TRIBUNNEWS.COM - Inilah hasil survei terbaru elektabilitas calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Melihat sejumlah lembaga survei yang menunggulkan salah satu pasangan calon (paslon), cawapres nomor urut 3, yakni Mahfud MD mengaku tak resah.

Justru pria yang menjabat sebagai Menteri Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) itu heran melihat ada orang yang resah dengan hasil survei tersebut.

Baca juga: Mahfud MD Singgung Hasil Survei Jokowi di Pilpres 2019 Sikapi Survei yang Unggulkan Paslon Tertentu

Hal itu disampaikannya usai berziarah ke makam Wakil Presiden pertama RI Mohammad Hatta atau Bung Hatta di Tanah Kusir Jakarta Selatan pada Selasa (2/1/2024).

"Kalau saya sih nggak (resah). Lihat saja nanti. Pembuktiannya kan pengadilan rakyat yang sesungguhnya tanggal 14 Februari, semua sekarang, ya, diam, diam. Nanti pada saatnya hari nurani yang akan..," kata Mahfud.

Mahfud mendasarkan keyakinannya itu pada pengalaman Pilpres 2019, di mana Presiden Joko Widodo (Jokowi) mampu keluar sebagai pemenang meski dua minggu sebelum pencoblosan ada lembaga survei yang memperkirakan mantan Wali Kota Solo itu kalah pemilihan.

Selain itu, Mahfud berkeyakinan ada faktor Tuhan yang turut campur tangan, Tuhan Yang Maha Pengatur perlu diyakini akan selalu memberikan yang terbaik.

Hasil Survei Elektabilitas

Berdasarkan hasil survei terbaru yang dikeluarkan oleh lima lembaga survei, terlihat bahwa pasangan nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, tertinggal dibandingkan dua paslon lain.

Kemudian, pasangan nomor urut 1, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin yang sebelumnya berada di posisi paling bawah kini mulai merangkak naik ke posisi dua.

Sementara posisi puncak masih diduduki oleh pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

1. LSI Denny JA

LSI Denny JA merilis hasil survei terbaru elektabilitas capres-cawapres pada Jumat (29/12/2023).

Survei ini dilakukan tatap muka pada 17-23 Desember 2023 dengan menggunakan kuesioner kepada 1.200 responden di seluruh Indonesia. Hasilnya sebagai berikut.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini