News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilkada Serentak 2024

Golkar Prioritaskan Koalisi dengan Partai KIM di Pilkada 2024

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Theresia Felisiani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di DPP Partai Golkar, Jalan Angrek Nelly, Jakarta. Airlangga Hartarto mengatakan partainya memprioritaskan penjajakan koalisi dengan partai yang tergabung di Koalisi Indonesia Maju dalam Pilkada

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  - Partai Golkar telah mulai mempersiapkan Pilkada serentak yang akan digelar November mendatang.

Satu di antaranya melakukan penjajakan komunikasi dengan partai lain dalam mengusung bakal calon kepala daerah.

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto mengatakan bahwa partainya memprioritaskan penjajakan koalisi dengan partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) dalam menghadapi Pilkada nanti.

"Partai Golkar menyatakan bahwa koalisi di daerah masing-masing, prioritas pertama tentu Koalisi Indonesia Maju," katanya di DPP Golkar, Slipi, Jakarta, Sabtu, (6/4/2023). 

KIM merupakan gabungan partai politik yang terdiri atas empat partai politik parlemen yaitu Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, empat partai non-parlemen yaitu PBB, Partai Gelora Indonesia, PSI, Partai Garuda. Partai tersebut merupakan partai pengusung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

Meskipun demikian partai Golkar kata Airlangga tidak menutup kemungkinan berkoalisi dengan partai di luar KIM di Pilkada nanti.

"Namun juga ada kerja sama partai tergantung dari capaian partai pada pemilu kemarin untuk berkoalisi dengan partai," katanya.

Baca juga: Maju Pilkada Jateng, Eks Aspri Prabowo Tancap Gas Pasang Baliho: Nderek Jokowi, Sareng Prabowo

Sebelumnya Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto mengatakan bahwa pertemuannya dengan para bakal calon kepala daerah merupakan bagian dari persiapan Pilkada Serentak 2024.

Hal itu disampaikan Airlangga usai memberikan pengarahan kepada Bakal Calon Kepala Daerah dari Partai Golkar di DPP Golkar, Slipi, Jakarta, Sabtu, (6/4/2024).

"Dalam agenda hari ini partai Golkar mengadakan pertemuan dengan Calon-calon kepala daerah yang telah mendapatkan surat penugasan. Dan tentunya ini menjadi persiapan menuju Pilkada di bulan November," kata Airlangga.

Airlangga mengatakan sebanyak 1164 calon kepala daerah hadir dalam pertemuan tersebut. Mulai dari Calon Gubernur, Bupati, hingga Wali Kota.

"Selanjutnya partai Golkar memberi penugasan kepada seluruh calon kepala daerah untuk melakukan sosialisasi di masyarakat," katanya.

Baca juga: Di Hadapan Airlangga Hartarto, MK Singgung Suara Golkar Naik Pesat dan Efek Bansos 

Airlangga meminta para bakal calon Kepala daerah untuk melakukan persiapan menghadapi Pilkada.

Sebelum kemudian nanti dilakukan evaluasi menjelang pencalonan.

"Dan evaluasi pertama di bulan Mei, kemudian dilanjutkan dengan evaluasi berikutnya," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini