News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilkada Serentak 2024

3 Tanda-tanda Kaesang Bakal Maju di Pilgub Jateng 2024, Ada Jempol dari Puan PDIP

Penulis: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDI-P Puan Maharani dan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep di Kawasan Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2023).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bermunculan sejumlah tanda-tanda Kaesang Pangarep akan mencalonkan sebagai gubernur Jawa Tengah (Jateng) di Pilkada 2024 ini.

Kaesang adalah Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang juga putra bungsu Presiden Jokowi.

Kaesang sebelumnya disebut-sebut akan maju di Pilkada Jakarta 2024 namun belakangan namanya malah muncul sebagai calon gubernur Jateng.

Berikut dirangkum Tribunnews.com, Senin (8/7/2024), tanda-tanda atau sinyal Kaesang akan maju di Pilgub Jateng 2024.

1. Dua hasil survei

Setidaknya dua hasil survei terbaru menempatkan Kaesang di puncak klasemen sebagai calon gubernur dengan elektabilitas tertinggi jika ikut Pilgub Jateng 2024.

Terbaru hasil jajak pendapat lembaga survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan Kaesang Pangarep berada di urutan pertama dalam simulasi semi terbuka 20 nama bakal calon gubernur Jawa Tengah (Jateng). 

Direktur Indikator Politik Indonesia Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, simulasi semi terbuka 20 nama berbeda dengan pola top of mind melalui pertanyaan terbuka.

Dimana dalam pola top of mind atau yang paling banyak dipilih masyarakat, Ahmad Luthfi berada di urutan pertama, yakni 8,6 persen.

Baca juga: Demokrat Respons Nama Kaesang Masuk Bursa Pilkada Jateng 2024: Masih Dinamis

Sementara melalui simulasi semi terbuka 20 nama, Kaesang menempati urutan pertama dengan perolehan suara 17,7 persen.

"Dari 20 nama yang kita tanyakan ada sedikit perubahan atau pola dibanding top of mind, dalam simulasi ini Kaesang berada di peringkat pertama tetapi dalam selisih margin of eror dengan Ahmad Luthfi," kata Burhanuddin saat memaparkan rilis surveinya secara virtual pada Minggu (7/7/2024).

Karenanya, Burhanuddin menyebut bahwa belum bisa disimpulkan antara Ahmad Luthfi dan Kaesang siapa yang lebih unggul.

"Tetapi Kaesang berada di peringkat pertama secara absolut pun itu juga tidak dominan," ujarnya.

Survei lainnya yang dipublikasikan Minggu (30/6/2024) lalu oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) memperlihatkan bahwa Kaesang juga unggul di Pilgub Jateng 2024.

Bukan tidak mungkin dengan kondisi tersebut Kaesang bisa terpilih jadi Gubernur Jawa Tengah jika maju di Pilkada 2024 ini.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini