News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilkada Serentak 2024

NasDem Resmi Usung Riza-Marshel di Pilwalkot Tangsel, Demokrat Buka Opsi Serupa 

Penulis: Reza Deni
Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Poster pasangan A Riza Patria dengan Marshel Widianto maju di Pilwakot Tangsel 2024 yang beredar di aplikasi pesan instan WhatsApp, Sabtu (6/7/2024).

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Demokrat merespons soal NasDem yang telah mengumumkan dukungan kepada Ahmad Riza Patria dan Marahel Widianto untuk Pilwakot Tangerang Selatan (Tangsel).

Demokrat menghormati sikap politik NasDem untuk mengusung duet Riza-Marshel.

Baca juga: Sebut Marshel Sosok yang Kritis, Partai Gerindra: Jangan Anggap Remeh Seniman

Deputi Bappilu Partai Demokrat Kamhar Lakumani menyebut adanya kemungkinan pihaknya untuk turut mengusung Riza-Marshel.

"Peluang selalu ada," kata Kamhar kepada  wartawan, Sabtu (13/7/2024).

Menurutnya, Riza sebagai sosok yang memiliki pengalaman bisa memjadi kuda hitam menantang petahana Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan.

Baca juga: Dukung Marshel Widianto dan Jeje Govinda di Pilkada, Raffi Ahmad Bantah Disebut Endorse Politik

Kamhar mengatakan Demokrat hingga kini belum mengeluarkan surat tugas untuk pasangan Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan.

"Artinya Partai Demokrat saat ini masih terus mencermati dinamika yang berkembang dengan memperhatikan kepentingan strategis partai," pungkas dia.

Sebelumnya, Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai NasDemresmi menyerahkan rekomendasi dukungan kepada duet Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Ariza) bersama komika Marshel Widianto untuk bertarung di Pilwalkot Tangerang Selatan (Tangsel), Provinsi Banten.

“DPP Partai NasDem dalam hal ini Bappilu kembali mengeluarkan rekomendasi untuk calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten kepada saudara Ahmad Riza Patria dan Marshel Widianto,” kata Wasekjen Partai NasDemJakfar Sidik dalam keterangannya, Sabtu (13/7/2024).

Penyerahan surat rekomendasi dukungan tersebut diserahkan Jafkar dan disaksikan oleh sejumlah pengurus DPP NasDem antara lain, Ivanhoe Semen dan Citra Ali Fikri di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Jumat (12/7/2024).

Ariza merupakan salah satu figur politisi kenamaan di tanah air yang menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta sejak 15 April 2020 hingga 16 Oktober 2022. Sebelumnya dia juga dipercaya masyarakat untuk duduk di parlemen DPR RI selama dua periode yakni 2014–2019 dan 2019–2024.  

Sementara Marshel Widianto merupakan seorang komika yang mengawali kariernya di industri hiburan tanah air lewat kompetisi komedi tunggal salah satu stasiun televisi swasta.

Peneliti Bidang Politik The Indonesian Institute, Center for Public Policy Research (TII) Felia Primaresti menilai Partai Gerindra yang mengusung Marshel telh gagal dalam melakukan rekrutmen dan kaderisasi serta pencalonan kandidat yang mumpuni.

Baca juga: Hormati Keputusan Gerindra soal Riza-Marshel, Demokrat Lebih Pilih Petahana untuk Pilkada Tangsel

Ia menekankan, dalam kepentingan elektoral dan orientasi untuk memenangkan kompetisi politik, partai seharusnya tetap bisa menjalankan mekanisme fit and proper test sebagai bentuk profesionalitas. 

“Memilih non-kader untuk maju dalam kontestasi politik tertentu sebenarnya sah-sah saja. Namun, proses menuju dipilihnya kandidat tersebutlah yang menjadi penting," ujar Felia dalam keterangannya, Sabtu.

“Terkait dengan hal itu, fit and proper test pada dasarnya bertujuan untuk menjaga sistem meritokrasi, serta sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas kepada publik mengenai proses yang berlangsung di dalam partai politik. Apalagi partai politik sebagai entitas yang mendapatkan dana publik juga wajib untuk menjalankan mandat keterbukaan informasi publik,” tambahnya menegaskan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini