News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilgub DKI Jakarta

Pertarungan Bursa Cawagub Pilkada Jakarta di KIM: Golkar, Demokrat, PAN Saling Usul Kader Sendiri

Penulis: Faryyanida Putwiliani
Editor: Pravitri Retno W
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Foto Jusuf Hamka, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Zita Anjani, Wasekjen DPP Partai Demokrat, Jansen Sitindaon. | Partai Demokrat, Golkar, dan PAN yang tergabung di Koalisi Indonesia Maju saling menyodorkan kadernya sendiri untuk jadi Bacagub di Pilkada Jakarta.

TRIBUNNEWS.COM - Koalisi Indonesia Maju (KIM) hingga kini masih belum meresmikan nama yang akan diusung menjadi bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta di Pilkada 2024 mendatang.

Sementara itu, partai-partai yang tergabung di dalamnya, seperti Demokrat, Golkar, dan PAN masing-masing saling menyodorkan kadernya untuk bisa diusung KIM di Pilkada Jakarta.

Golkar diketahui mengusulkan kadernya, Jusuf Hamka, untuk menjadi pendamping Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep, di Pilkada Jakarta 2024.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto.

Namun, Airlangga menyebut, usulan tersebut baru akan dilakukan jika Kaesang resmi menyatakan kesediaannya untuk maju memperebutkan kursi Gubernur DKI Jakarta.

"Untuk mendukung tadi Mas Kaesang, seandainya beliau memilih Jakarta, saya siapkan kader Golkar yang sudah malang melintang di infrastruktur, yaitu Babah Alun (Jusuf Hamka)," kata Airlangga seusai bertemu Kaesang di DPP Golkar, Jakarta, Kamis (11/7/2024).

Sementara itu, Jusuf Hamka pun mengungkap kesiapannya untuk berduet dengan putra bungsu Presiden Jokowi di Pilkada Jakarta.

Jusuf Hamka diketahui sempat ragu lantaran mengaku tak memiliki logistik yang cukup untuk maju dalam kontestasi tersebut.

"Saya cuma bisa bilang ini tidak salah (saya dipilih)? Saya tidak punya logistik, logistik saya bukan buat bagi-bagi rakyat, saya bilang begitu (kepada Airlangga)."

"(Tapi) saya bilang kalau ini perintah, tetap saya jalankan," jelasnya.

Demokrat Punya Sejumlah Nama untuk Bursa Cawagub

Demokrat diketahui juga mengusulkan sejumlah kader untuk menjadi calon wakil gubernur (cawagub) di Pilkada Jakarta.

Baca juga: Kala Golkar Usul Jusuf Hamka Jadi Pendamping Kaesang di Pilkada Jakarta, PAN Klaim KIM Belum Sepakat

Hal itu disampaikan Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani, merespons Golkar yang mengusulkan duet Kaesang Pangarep-Jusuf Hamka di Pilkada Jakarta 2024.

Kamhar mengungkapkan sejumlah nama kader Demokrat yang bisa diusung sebagai cawagub Jakarta.

"Di bursa Cawagub kami mengajukan Bung Jansen Sitindaon, Wasekjen DPP Partai Demokrat; Mujiono, Anggota DPRD DKI Jakarta empat periode yang juga sekaligus Ketua DPD Partai Demokrat Jakarta; dan Bung Ali Suharli, Anggota DPRD DKI Jakarta dua periode," kata Kamhar kepada wartawan, Minggu (14/7/2024).

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini