News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilgub DKI Jakarta

Demokrat: KIM Sudah Rencanakan Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta dan Dedi Mulyadi di Jabar sejak Awal

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Febri Prasetyo
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani. Demokrat menyebut skenario Ridwan Kamil di Jakarta dan Dedi Mulyadi di Jabar sudah sejak awal direncanakan KIM.

TRIBUNNEWS.COM - Deputi Bappilu Partai Demokrat, Kamhar Lakumani, menyebut skenario Ridwan Kamil menjadi cagub pada Pilkada Jakarta 2024 dan mantan Bupati Purwakarta berkontestasi di Jabar sudah sejak oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Jika kemudian Kang Dedi Mulyadi yang dimajukan di (Pilkada) Jawa Barat dan Kang Emil maju di Jakarta, memang sejak awal seperti itu adanya. Meskipun kemudian dalam perjalanan terjadi dinamika," katanya kepada Tribunnews.com, Sabtu (3/8/2024).

Dengan putusan ini, Kamhar mengatakan Partai Demokrat menyambut baik dan menganggap pengusungan RK di Jakarta dan Dedi Mulyadi di Jabar merupakan proses politik yang berkemajuan.

"Kami tentu saja menyambut baik jika proses dan dinamika politik yang terbangun di KIM semakin berkemajuan, apalagi jika telah mengerucut."

"Sejak awal Partai Demokrat pada posisi menunggu, siapa yang nanti akan diputuskan KIM sebagai cagub Jabar dan Jakarta," tuturnya.

Kini, kata Kamhar, publik tinggal menunggu secara resmi pengumuman dari KIM untuk mendeklarasikan Ridwan Kamil sebagai cagub pada Pilkada Jakarta dan Dedi Mulyadi sebagai cagub di Pilkada Jabar.

Kendati demikian, dia menuturkan pengumuman resmi itu masih menunggu pertemuan dari para pimpinan partai anggota KIM.

"Tentu akan ada pertemuan para pimpinan partai yang tergabung di KIM. Belum ada waktu pasti pertemuan, namun mestinya dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi," ujarnya.

Baca juga: Peluang Anies Jadi Cagub di Pilkada Jakarta Dinilai Makin Menipis karena Ridwan Kamil, Kok Bisa?

Golkar Dukung Ridwan Kamil di Jakarta, Usung Dedi Mulyadi di Jabar

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, menyebut bahwa partainya bakal mengusung Dedi Mulyadi sebagai cagub di Pilkada Jabar 2024.

Sementara, Ridwan Kamil diisyaratkan bakal berkontestasi di Pilkada Jakarta 2024.

"Ya kan sudah jelas kalau Jawa Barat begitu (mendukung Dedi Mulyadi), berarti Jakarta siapa. Masih nanya? Apalagi Jakartanya KIM Plus," kata Airlangga di Djakarta Theater, Jakarta Pusat pada Jumat (2/8/2024), dikutip dari Kompas.com.

Pernyataan senada juga disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Lodewijk F. Paulus.

Dia mengungkapkan partai berlambang pohon beringin tersebut telah membuka peluang untuk mendukung Ridwan Kamil karena di Jawa Barat sudah mendukung Dedi Mulyadi.

"Ya itu yang kita, Pak Dedi di sana (Jawa Barat), berarti otw RK (Jakarta) jadi benar. Mungkin baliho dipasang lagi kali ya, gimana setuju enggak?" kata Lodewijk.

Sementara perihal dengan pengumuman kapan Ridwan Kamil akan diusung di Pilkada Jakarta, Lodewijk menyebut dalam waktu dekat.

Dirinya memastikan kalau sebelum pendaftaran ke KPU RI pada 27 Agustus sudah ada kepastian dan pengumuman tersebut.

"Tanggal 27 Agustus sudah pengumuman, ya berarti udah pasti (RK di Jakarta). Berati sebelum tanggal 27," tandas dia. 

(Tribunnews.com/Yohanes Liestyo Poerwoto)(Kompas.com/Nicholas Ryan Aditya)

Artikel lain terkait Pilgub DKI Jakarta 2024

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini