News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilgub DKI Jakarta

PKB Akui Ada Ajakan Gabung KIM Plus, tapi Bantah untuk Jegal Anies di Pilkada Jakarta 2024

Penulis: Rifqah
Editor: Nuryanti
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wakil Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid di kantor DPP PKB, Jakarta, Sabtu (6/4/2024).  - PKB mengaku diajak bergabung dalam KIM Plus di Pilkada Jakarta 2024, tapi bantah pembentukan KIM Plus untuk jegal Anies Baswedan di Jakarta.

TRIBUNNEWS.COM - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengakui pihaknya diajak bergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid.

"Ya, kalau ajakan ya ada. Tetapi siapa pasangan calonnya, ini kan juga belum," kata Jazilul di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (7/8/2024).

Kendati demikian, kata Jazilul, bukan berarti pembentukan KIM Plus itu untuk menjegal pencalonan Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024.

Menurutnya, anggapan tersebut terlalu dini untuk disimpulkan sekarang, apalagi partai-partai politik yang ada di KIM Plus belum bertemu untuk membahas Pilkada Jakarta.

Adapun, KIM Plus terdiri dari Partai Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN, PSI, PBB, Gelora, dan Garuda.

Di luar itu, PKB, PKS, dan NasDem disebut-sebut juga akan bergabung KIM, karena hal tersebutlah, namanya menjadi KIM Plus.

"KIM Plus saja belum ada dan belum duduk bersama apalagi tuduhan menjegal atau apa. Jadi masih terlalu dini untuk mengambil kesimpulan," kata Jazilul.

PKB pun sampai saat ini juga belum memutuskan apakah akan bergabung dengan KIM Plus atau tidak.

Namun, memang diakui Jazilul, PKB masih mempertimbangkan usulan DPW PKB DKI Jakarta untuk mengusung Anies di Pilkada Jakarta.

"Lebih mendekati kepada apa yang menjadi keputusan usulan dari DPW PKB DKI Jakarta," ucap Jazilul.

Baca juga: Peluang KIM Plus vs Kotak Kosong, Pengamat Nilai Lebih Mudah Lawan Calon Independen

Serupa dengan pendapat PKB, PKS juga mengakui bahwa pihaknya belum membahas soal kemungkinan bergabung dalam KIM Plus di Pilkada Jakarta 2024.

"Di tingkat DPP belum ada pembahasannya," kata Politikus PKS, Tifatul Sembiring saat dikonfirmasi, Rabu (7/8/2024).

Sebelumnya, soal wacana kerja sama KIM Plus untuk Pilgub Jakarta ini disampaikan oleh Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini