News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilkada Serentak 2024

Besok AHY Akan Usung Cagub-Cawagub untuk Pilkada Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Barat

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Wahyu Gilang Putranto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat jumpa pers di Kantor DPP Partai Demokrat, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (26/8/2024) malam.

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan menyerahkan tiga surat rekomendasi untuk kontestasi Pilkada tingkat provinsi sekaligus, pada Selasa (27/8/2024).

Adapun tiga surat rekomendasi itu diberikan AHY rencananya untuk Pilkada Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah 2024.

"Besok akan saya serahkan Jabar, yang berikutnya Jateng dan terakhir Jakarta jadi besok kalau berkenan teman-teman datang lagi," kata AHY saat ditemui awak media di Kantor DPP Partai Demokrat, Senin (26/8/2024) malam.

Penyerahan surat rekomendasi oleh Demokrat terhadap tiga provinsi itu dapat dikatakan last minute, mengingat pendaftaran kontestasi kepala daerah akan mulai dibuka pada esok hari.

AHY lantas menjelaskan alasan pihaknya baru akan menyerahkan rekomendasi itu di hari pembukaan pendaftaran Pilkada ke KPU.

"Tiga itu yang menjadi penutup dari seluruh rangkaian ini dan memang kenapa tiga provinsi itu ya memang provinsi yang paling besar dan juga memiliki nilai politik yang tinggi. Oleh karena itu, pasti punya kompleksitas yang berbeda," kata AHY.

Bahkan AHY sendiri menyebut kalau hingga malam ini, dirinya masih melakukan pertemuan-pertemuan baik dengan internal partai Demokrat maupun dengan rekan koalisi.

Adapun dalam pertemuan itu kata AHY, untuk menegaskan dukungan dan strategi kemenangan.

"Sampai dengan malam hari ini pun saya harus melakukan pertemuan-pertemuan untuk menyempurnakan keputusan yang akan, dan sudah kami ambil sebelumnya," tandas dia.

Sebagai informasi, dari ketiga provinsi yang belum diumumkan itu, sejauh ini, Demokrat baru dikatakan pasti mengusung calonnya di Jakarta.

Baca juga: Untung Rugi PDIP Bila Usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta, Pengamat Singgung Pilpres 2029

Di mana, Demokrat telah secara resmi bersama Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus mendeklarasikan dukungan untuk pasangan Ridwan Kamil-Suswono.

Dukungan tersebut sudah dibacakan oleh seluruh Sekretaris Jenderal (Sekjen) partai politik seluruh KIM Plus, pada Senin (19/8/2024) di The Sultan Hotel, Senayan, Jakarta.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini