News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilkada Serentak 2024

Golkar Balik Badan, Kini Kembali Usung Airin-Ade Sumardi di Pilkada Banten 2024

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Whiesa Daniswara
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Airin Rachmi Diany mendatangi Kantor DPP Golkar, Jakarta, Selasa (27/8/2024). Golkar kini kembali mengusung Airin dan Ade Sumardi sebagai cagub-cawagub di Pilkada Banten. Padahal, sebelumnya mengusung Andra Soni dan Dimyati.

TRIBUNNEWS.COM - Kabar mengejutkan datang dari Partai Golkar lantaran saat ini kembali mendukung Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi di Pilkada Banten 2024.

Padahal sebelumnya, Partai Golkar mengusung Andra Soni-Dimyati Natakusumah menjadi calon.

Ketua Umum Golkar, Bahlil Lahadalia beralasan partai yang dipimpinnya kembali mendukung Airin karena merupakan partai yang terbuka dan inklusif.

Selain itu, Bahlil juga menyinggung soal Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus terkait pengusungan Airin dan Ade Sumardi di Pilkada Banten 2024.

Dia mengungkapkan pengusungan ini menjadi wujud KIM Plus merupakan koalisi yang kompak seperti yang disampaikan Presiden Jokowi dan presiden terpilih, Prabowo Subianto.

"Dan ini seiring disampaikan oleh Bapak Presiden Jokowi dan Bapak Presiden (terpilih) Pak Prabowo bahwa kami di Koalisi Indonesia Maju sangatlah kompak."

"Dan Pak Prabowo di beberapa kesempatan, menyerahkan kepada partai koalisi untuk menentukan sikap politiknya meskipun kita berbeda di Pilkada," kata Bahli di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta pada Selasa (27/8/2024).

Selanjutnya, Bahlil mengungkapkan meski Ade Sumardi merupakan kader PDIP dan menjadi cawagub Airin yang adalah kader Partai Golkar, dia menegaskan Ade tidak akan dipaksa untuk menjadi kader partai beringin.

"Karena itu Pak Ade Sumardi, Ketua (DPD) PDIP (Banten), jangan khawatir kami tidak akan meminta untuk menukar warna baju, untuk baju kuning. Biarkan Bapak bangga menjadi baju merah saja," tuturnya.

Sosok yang juga menjabat sebagai Menteri ESDM itu pun selanjutnya menyerahkan formulir B1KWK kepada Airin dan Ade Sumadi sebagai cagub-cawagub di Pilkada Banten 2024.

Kemarin, Golkar Dukung Andra Soni-Dimyati

Baca juga: Airin-Ade Temui Bahlil Setelah Dapat Dukungan dari PDIP, Sinyal Golkar Tinggalkan Andra-Dimyati?

Sebelumnya, pada Senin (26/8/2024) lalu atau sehari sebelumnya, Partai Golkar sudah resmi mengusung Andra Soni-Dimyati Natakusumah sebagai cagub dan cawagub Banten 2024-2029.

Bahkan, pasangan tersebut telah menerima formulir B1-KWK dari Golkar untuk mendaftarkan diri ke KPU Banten.

Adapun formulir tersebut juga sudah ditandatangani oleh Bahlil.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya atas nama pengurus DPP Partai Golkar dan Golkar Banten menyerahkan rekomendasi ini kepada Pak Cagub, Cawagub."

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini