News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilkada Serentak 2024

Bawaslu: Meski Hanya Ada Calon Tunggal, Kampanye Harus Tetap Sesuai Aturan

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Malvyandie Haryadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Puadi.

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyatakan proses kampanye harus tetap berjalan sesuai aturan walaupun di suatu wilayah yang melaksanakan pilkada hanya ada calon tunggal.

"Meskipun hanya ada satu pasangan calon, proses kampanye tetap harus berjalan sesuai aturan," kata Puadi dalam keterangannya, Selasa (11/9/2024).

"Bawaslu mengawasi agar tidak terjadi kampanye di luar jadwal, penggunaan fasilitas negara, atau kegiatan yang melanggar ketentuan kampanye lainnya," sambungnya.

Lebih lanjut, Puadi juga menegaskan ihwal tidak ada yang berbeda bagi Bawaslu dalam penanganan pelanggaran baik yang diikuti banyak pasangan calon maupun yang hanya diikuti oleh satu pasangan calon melawan kotak kosong.

Ia juga mengatakan masyarakat yang memilih kotak kosong merupakan pilihan yang sah dalam proses pilkada.

"Dalam konteks pilkada melawan kotak kosong, Bawaslu juga berperan dalam memberikan edukasi kepada pemilih mengenai hak mereka. Termasuk menjelaskan bahwa memilih kotak kosong adalah pilihan yang sah dan memiliki konsekuensi tertentu bagi hasil pemilihan," tuturnya.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Mochammad Afifuddin juga mengimbau supaya partai politik dan bakal calon kepala daerah taat aturan dalam Pilkada 2024.

Pria yang akrab disapa Afif ini juga berharap mulai dari sosialisasi hingga seluruh proses tahapan pilkada dapat berlangsung serentak dengan nuansa yang gembira

“Dalam konteks sosialisasi, dalam proses di kami, yang pasti kami ingin pemilu pilkada ini serentak, serempak, nuansanya gembira,“ ujar Afif di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin (9/9/2024).

“Sambil kita juga imbau teman-teman peserta pemilu, partai politik juga harus mematuhi lah semua aturan, biar sama-sama enak,” sambungnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini