News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilgub DKI Jakarta 2024

Survei LSI: Dukungan Anies Bisa Pengaruhi Elektabilitas Paslon di Pilgub Jakarta

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Acos Abdul Qodir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Dukungan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinilai bisa mempengaruhi elektabilitas dua pasangan calon Gubernur dan Wakil Jakarta yang bertarung, Ridwan Kamil-Suswono dan Pramono Anung-Rano Karno pada Pilkada Jakarta 2024.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Dukungan Anies Baswedan dinilai memiliki peran dan pengaruh cukup penting serta signifikan dalam mempengaruhi peta elektabilitas sekaligus potensi kemenangan pasangan kandidat yang berkompetisi pada Pemilihan Gubernur Daerah Khusus Jakarta (Pilgub Jakarta) atau Pilkada Jakarta 2024. 

Hal itu disampaikan oleh Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia, Djayadi Hanan dalam rilis temuan survei publik bertema “Pengaruh Anies di Pilgub Jakarta,” melalui akun resmi LSI di kanal Youtube pada Rabu (18/09/2024). 

Menurut Djayadi, berdasarkan proposisi perlakuan atau _treatment_ yang digunakan dalam survei tersebut, posisi atau sikap dukungan Anies Baswedan terhadap salah satu pasangan calon (paslon) masih dilihat sebagai hal penting bagi para responden atau pemilih untuk menentukan pilihan mereka. 

Adapun paslon yang resmi bertarung dalam Pilgub Jakarta 2024 adalah Pramono Anung-Rano Karno yang diusung PDIP, Ridwan Kamil-Suswono yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju Plus (KIM Plus) dan paslon independen Dharma Pongrekun-Kun Wardana.

“Terutama dalam hal peningkatan atau penurunan elektabilitas dari pasangan Pramono-Rano dan pasangan RK-Suswono atau membuka jalan dari salah satu paslon untuk lebih kompetitif dan memenangkan pertarungan” kata Djayadi Hanan.

Proposisi yang digunakan LSI dalam survei terdiri dari tiga _treatment_ terkait pertanyaan siapa yang akan dipilih, yakni proposisi pertama kelompok kontrol di mana Anies Baswedan tidak mendukung siapapun, proposisi kedua kelompok _treatment_ 1 jika Anies mendukung paslon Pramono-Rano dan ketiga adalah kelompok _treatment_ 2 jika Anies mendukung paslon RK-Suswono.

Baca juga: Refly Harun: Gerakan Coblos Semua di Pilkada Berangkat dari Kesadaran Warga Melawan Rezim

Dari eksperimen dan analisis statistik yang dilakukan LSI, menurut Djayadi berpengaruh signifikan terhadap elektabilitas paslon Pramono-Rano dan juga RK-Suswono. 

Misalnya, dari tabel temuan survei, di mana elektabilitas paslon Pramono-Rano tanpa dukungan Anies, dari angka 29 persen menjadi 31,5 persen ketika paslon ini didukung Anies. 

Sementara, paslon Ridwan Kamil-Suswono, dari angka 51,7 persen tanpa dukungan Anies, meningkat menjadi 53,7 persen jika sikap Anies mendukung paslon ini.

Begitu juga simulasi jika Anies mendukung Pramono-Rano, akan menurunkan elektabilitas paslon RK-Suswono secara tajam ke angka 40,5 persen. 

Sedangkan jika Anies bersikap mendukung RK-Suswono, akan menurunkan elektabilitas Pramono-Rano menjadi 26,1 persen. 

Ini artinya, sambung Djayadi, pengaruh Anies menjadi penting dan signifikan bagi kenaikan atau penurunan elektabilitas kedua paslon. 

“Kalau Pramono-Rano ingin lebih kompetitif atau mendekatkan jarak elektabilitas mereka dari paslon RK-Suswono, maka mereka membutuhkan dukungan dari Anies Baswedan secara terbuka, karena dari uji statistik mampu meningkatkan elektabilitas mereka dan menurunkan elektabilitas paslon RK-Suswono secara drastis atau signifikan”, papar Djayadi.

Baca juga: KPU akan Pangkas Proses Tahapan Pilkada Ulang 2025 Jika Kotak Kosong Menang

Begitu juga paslon RK-Suswono, lanjutnya, keduanya memerlukan dukungan dari Anies Baswedan untuk memastikan dukungan suara atau elektabilitasnya tidak turun atau tetap lebih mudah melenggang menjadi pemenang. 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini