News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ledakan di Alam Sutera

Apa Sih Bitcoin yang Bikin Leopard Gelap Mata Meledakkan Mal Alam Sutera

Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi bitcoin

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Kendati masih belum cukup populer di Indonesia, transaksi dengan Bitcoin sudah menjadi hal yang lumrah di negara lain. Bitcoin juga sering dipakai sebagai alat transaksi kejahatan.

Diberitakan sebelumnya oleh Warta Kota, lembaga riset keamanan cyber Communication and Information System Security Research Centre (CISSReC) menuturkan bahwa bomber Mal Alam Sutera, Leopard Wisnu Kumala (29) adalah penjahat Indonesia pertama yang melakukan aksi terorisme dan meminta tebusan dengan Bitcoin.

Untuk diketahui, Bitcoin adalah sebuah mata uang elektronik yang proses transaksinya dilakukan via internet tanpa menunjukkan identitas pemilik akun mata uang tersebut.

"Unsur anonimitas dalam penggunaan Bitcoin memang kerap kali digunakan untuk hal-hal kriminal. Di negara lain, penjahat maupun organisasi kriminal banyak yang memakai Bitcoin untuk melakukan modus operandinya," kata Ketua CISSReC, Pratama Persadha, Jumat (30/10).

Menurut Pratama, transaksi Bitcoin kerap kali digunakan mulai untuk kebutuhan kenakalan remaja, sampai tindakan kriminal serius.

"Mulai dari beli film porno, narkoba, pencucian uang, sampai perdagangan manusia. Transaksi dengan Bitcoin bisa memudahkan semuanya itu, karena tidak ada bukti resi pembayaran yang bisa dilacak," katanya.

Khusus untuk kasus Leopard, Pratama mengatakan bahwa aksi terorisme dengan motif uang, dalam hal ini Bitcoin, lebih berbahaya ketimbang aksi teroris yang dilakukan kelompok orang dari paham tertentu.

"Aksi teror seperti ini jauh lebih mudah ditiru, karena hanya membutuhkan motif sederhana. Keadaan ekonomi yang sulit pun bisa jadi trigger penjahat lain meniru cara ini. Belum lagi dengan banyaknya tutorial pembuatan bom yang banyak bisa ditemui di situs internet," katanya. (Banu Adikara)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini