News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pameran Nautika Rasa, Seni Rupa dan Imaji Bahari di Galeri Nasional

Penulis: Toni Bramantoro
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Yeni Fatmawati dan suami, Fahmi Idris

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Susi Pudjiastuti, secara resmi membuka pameran Nautika Rasa, Seni Rupa dan Imaji Bahari yang berlangsung di Galeri Nasional, 13-25 September 2016.

"Orang yang dekat dengan seni biasanya awet muda, segar dan ceria. Otak kanan dan kirinya seimbang," ungkap Susi Pudjiastuti dalam sambutannya saat membuka pamera, Selasa (13/9/2016).

Pameran yang diikuti 120 peserta terdiri dari alumni dan pengajar Bale Seni Barli, anggota Ikatan Wanita Pelukis Indonesia serta para seniman undangan khusus.

Berbagai kegiatan akan dilakukan selama berlangsungnya pameran Nautica Rasa yang menghubungkan dua pokok yang berhubungan dengan laut dan perasaan itu diantaranya demo melukis bersama pelukis Men Segan pada Kamis (22/9) dan diskusi seni yang akan dipandu kurator, Minggu (25/9).

Karya-karya seniman lukisan, gambar, patung, video art, karya seni instalasi berasal dari Jakarta, Bandung, Tasikmalaya, Probolinggo dab Cilacap dengan kurator Rizki Akhmad Zaelani.

Yeni Fatmawati peserta pameran menyatakan senang bisa memamerkan karya seninya di Galeri Nasional. Wanita berjilbab yang kini lebih fokus dibidang aktivitas seni dan pengacara korporasi itu sebelumnya menjabat berbagai posisi penting di perusahaan multinasional dan waktunya selalu tersita dengan pekerjaan.

"Aku dari dulu suka melukis. Ada kepuasaan batin dengan melukis yang juga mampu mengasah otak kanan," katanya.

Yeni bergabung dengan deDada Studio pada 2014. Mengadakan pameran tunggal pada 2015. Kemudian mengikuti Sculpture Workshop at Edwin Gallery dab juga meluncurkan buku kumpulan puisi.

"Tidak mudah menjadi peserta pameran di Galeri Nasional. Semua karya peserta harus melalui Kurator. Kuratorlah yang nantinya menentukan suatu karya seni untuk dipamerkan," jelas Yeni.

Berbagai karya seni lukisan yang dipamerkan diantaranya berjudul 'Terumbu karang' karya Mulyadi, 'Makasar' karya Moelyoto Karno Soetjitro, 'Puji Syukur Hasil Yang Melimpah' karya Iyan Titan, 'Berlabuh' karya Yeni Fatmawati dan 'Turtle#2' karya Candra Maulana serta lukisan lainnya.

Karya perupa yang ditampilkan diantaranya 'Asik Away' karya Mata W. Suharmoko, 'Ship of Hope' karya Sita Satar dan karya lainnya.

Berbagi tamu undangan yang hadir diantaranya Kepala Galeri Nasional TB Andre Sukmana, ibu Nakis Barli, HS Dillon, Fahmi Idris dan tamu undangan penting lainnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini