News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Wakil Gubernur DKI Jakarta

Resmi Umumkan Dua Nama Cawagub DKI, SK Penetapan Langsung Dikirim ke Anies Baswedan

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

gerindra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta M Taufik mengatakan surat keputusan dua nama cawagub DKI yang baru, akan langsung disampaikan ke Gubernur Anies Baswedan.

Sang gubernur tinggal menyerahkan ke pihak DPRD DKI untuk segera diteruskan prosesnya ke tahap berikutnya.

"Setelah kami dapat surat, pengusulan baru, yang di tandatangani bersama PKS dan Gerindra, surat ini (akan) disampaikan kepada gubernur. Kemudian gubernur paling lambat biasanya besok pagi atau sore menyampaikan ke DPRD," kata Taufik di dalam konferensi pers di ruang fraksi Gerindra DPRD DKI, Jakarta Pusat, Senin (20/1/2020).

Baca: PKS-Gerindra Ajukan Riza Patria dan Nurmasyah Lubis Jadi Cawagub DKI Jakarta

Tata tertib DPRD DKI sendiriĀ  sudah terbentuk dan tinggal disahkan. Sehingga, pihak dewan tinggal menetapkan panitia pemilihan (panlih) terkait wakil gubernur DKI.

Setelah panlih terbentuk, selanjutnya SK dua nama cawagub ini akan dibawa rapat pimpinan gabungan lalu dilanjutkan ke proses rapat paripurna pemilihan di DPRD DKI.

Baca: Politisi Gerindra Enggan Bandingkan Risma dengan Anies Baswedan : Jauh, Jauh

Kedua nama nantinya akan dipilih lewat mekanisme voting. Nama yang mendapat suara terbanyak akan ditetapkan sebagai partner Anies Baswedan di kepemimpinan ibu kota.

"Jadi Panlih nanti ditetapkan, baru di bamuskan baru dilakukan paripurna pemilihan. Mekanisme pemilihan dengan pemungutan suara," ucap dia.

Gerindra yakin persoalan mandeknya pemilihan wakil gubernur DKI akan segera tuntas paling lambat awal bulan Februari 2020.

Baca: Cawagub Penerus Sandiaga Uno Jadi Pesaing Jokowi-Ahok di Pilgub DKI Jakarta 2012

"Jadi kalau nggak ada halangan mungkin paling lambat awal bulan (Februari) selesai," pungkas dia.

Lewat surat bernomor 18/B/GERINDRA-PKS/I/2020 tertanggal 2 Januari 2020, dua partai politik pengusung Anies-Sandi pada Pilkada DKI 2017 yakni PKS dan Gerindra sepakat mengusulkan Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria dan kader PKS Nurmansyah Lubis sebagai calon wakil gubernur DKI Jakarta.

Keputusan ini disampaikan langsung oleh Wakil Ketua Umum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, bersama Ketua DPD Gerindra DKI M. Taufik dan Wakil Ketua DPD Gerindra DKI Syarif di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Senin (20/1/2020).

SK tersebut ditandatangani di atas materai oleh Ketua DPD Gerindra DKI M. Taufik, Ketua DPW PKS Shakir Purnomo, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Presiden PKS Sohibul Iman.

"Dalam surat ini juga telah menyetujui dan pengusulkan dua nama untuk dijadikan Wakil Gubernur DKI, yaitu satu saudara Nurmansyah Lubis dari PKS dan kedua adalah Riza Patria dari Gerindra," kata Dasco.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini