News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Harga Kedelai tak Terkendali

Yuti Tunda Menikah Gara-gara Harga Kedelai Naik

Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Yuti Haryanto (26), seorang perajin tempe di sentra produksi tempe RT 03/RW 01, Tugu Cimanggis, Depok, harus menunda resepsi pernikahan dengan calon istrinya lantaran meroketnya harga kacang kedelai selama dua minggu terakhir.

TRIBUNNEWS.COM, DEPOK -  Gara-gara harga kedelai naik membuat Yuti Haryanto (26)  tunda menikah.

Yuti adalah seorang pengrajin tempe di sentra produksi tempe RT 03/RW 01, Tugu Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

Dia terpaksa menunda resepsi pernikahan dengan calon istrinya lantaran meroketnya harga kacang kedelai selama dua minggu terakhir.

Yanto mengatakan dia dan calon istri sepakat untuk menunda pernikahan karena terkendala biaya.

Tabungan yang sejak lama dikumpulkan kini digunakan sebagai tambahan ongkos hidup sehari-hari dan dialihkan sebagai modal membeli kacang kedelai untuk pembuatan tempe.

“Karena tingginya harga kacang kedelai saat ini, sehingga tabungan untuk menikah belum terkumpul,” kata Yanto saat ditemui di lokasi pada Senin (21/2/2022), siang.

Baca juga: Difasilitasi oleh Kementan, Ini 16 Daerah yang Akan Penuhi Kebutuhan Kedelai Nasional

Lebih lanjut, kata Yanto, dirinya dan calon pasangannya sudah memiliki rencana menikah tahun ini.

Dalam menjalani usahanya sebagai pengrajin tempe, Yanto bekerja secara mandiri tanpa merekrut karyawan.

Hal ini karena dirinya masih belum mampu untuk membayar upah karyawan. “Saat ini juga saya menjalani usaha sendiri, tidak punya karyawan. Semua dikerjakan sendiri,” sambungnya.

Sebelumnya diberitakan, 120 pengrajin tempe di sentra produksi tempe RT 03/RW 01, Tugu Cimanggis, Depok, melakukan aksi mogok produksi rasa sejak Senin (21/2) hingga Rabu (23/2).Aksi mogok ini dilatarbelakangi oleh kenaikan harga kedelai sejak dua minggu terakhir.

Menurut keterangan dari Suprapto (43) salah satu pengrajin tempe mengatakan, saat ini harga kedelai menyentuh angka Rp 12.000 per kilo dari sebelumnya di harga Rp 8.000 per kilo.

Sementara untuk kedelai dengan bobot 1 kuintal, Surapto harus merogoh kocek sebesar Rp 1.125.000 dari harga sebelumnya Rp 800.000 per kuintal.

"Kami mogok produksi karena harga kedelai tidak sesuai dengan harga jual. Terlalu mahal. Saat ini sudah mendekati Rp 12.000 per kilo. Sehari bahkan bisa naik dua kali dalam minggu-minggu ini," kata Suprapto saat ditemui di lokasi pada Senin (21/2/2022), siang

Pria asal Pemalang, Jawa Tengah ini menambahkan, selama dua minggu bertahan di tengah naiknya harga kedelai, Suprapto mengecilkan takaran atau ukuran tempe yang dia jual tanpa menaikkan harga tempet.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini