News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Lapas Labuhan Ruku Dibakar Napi

Alhabsy: Presiden Jangan Sungkan Tegur Menkumham

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Gusti Sawabi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Lapas Labuhan Ruku Sumatera Utara

Laporan Wartawan Tribun Jakarta, M Zulfikar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PKS, Aboebakar Alhabsy meminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melakukan evaluasi terhadap persoalan Lembaga Pemasyarakatan (LP). Seperti kasus baru yang terjadi di LP Labuhan Ruku, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, Minggu (18/8/201).

"Presiden harus tegas melakukan evaluasi terhadap persoalan ini, jangan sampai sungkan untuk menegur Menkumham dan Wakilnya," kata Aboebakar dalam siaran persnya, Senin (19/8/2013).

Aboebakar menuturkan, adanya kembali kerusuhan di Lapas menguatkan asumsi buruknya tata kelola dan manajemen pemasyarakatan di Indonesia. Terbakarnya lapas Ruku Sumatera Utara merupakan bukti kondisi lapas dimanapun sama saja.

"Hal ini memerlukan perhatian yang serius, tidak hanya sekedar kebijakan tambal sulam. Persoalan lapas tidak akan dapat diselesaikan dengan sidak insidental yang hanya bernuansa publisitas," ujarnya.

Lebih lanjut Aboebakar mengatakan, harus ada reformasi menyeluruh dalam kebijakan pemsyarakatan di Indonesia, yakni perlu ada road map yang menjadi peta jalan pembangunan lapas di Indonesia. Hal ini harus menjadi perhatian serius presiden, karena lapas adalah wahana perbaikan diri, ini menyangkut nasib masa depan SDM Indonesia.

"Jangan sampai terjadi salah asuhan di Lapas, yang hanya mengeluarkan resedivis kambuhan. Jangan sampai mereka masuk mencuri bebek, setelah keluar bisa nyuri motor bebek. Apalagi masuk sebagai pengguna narkoba, setelah keluar bisa jadi bandar narkoba," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini