News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pekan Depan Menko Polhukam Djoko Suyanto Resmikan Kapal Bakorkamla

Penulis: ricas74
Editor: Widiyabuana Slay
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Laporan Wartawan Tribun Batam, Iman Suryanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Menko Polhukam Djoko Suyanto direncanakan akan meresmikan dua kapal patroli Keamanan Laut (Kamla) milik Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla) Republik Indonesia di Batam pada Selasa(3/9/2013) mendatang.

Kabag Persidangan, Humas dan Protokol (PHP) Bakorkamla Kolonel (KH) Edi Fernandi yang dikonfirmasi Tribun Network membenarkan hal tersebut. Dan saat ini pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan guna meresmikan kapal patroli yang diketahui bernama Kamla 4801 atau Kapal Negara(KN) Bintang Laut dan Kamla 4802 atau KN Singa Laut.

"Ya mas, rencananya tanggal 3 September mendatangan diresmikan oleh beliau (Menkopolhukam) dan Kalahar Bakorkamla di Batam,"jelas Edi saat ditemui diruangan kerjanya beberapa waktu lalu.

Ia juga mengatakan, dengan diresmikan dua kapal patroli ini, setidaknya akan membantu sekaligus mengantisipasi dan menekan aksi illegal yang kerap terjadi di perairan Indonesia.

Sebagaimana diketahui, dua kapal tersebut merupakan hasil karya anak bangsa, mengingat proses pengerjaannya dibuat secara langsung oleh  galangan kapal PT Pelindo Marine Shipyard dan PT Citra Shipyard yang ada di Batam, Kepulauan Riau.

Untuk urusan konstruksinya, dua kapal tersebut terbuat dari gabungan bahan baja dan aluminium alloy yang ada pada hull dan super struktur dengan rancang bangun futuristik.

Kapal yang diawaki 25 anak buak kapal ini dapat melaju dengan kecepatan maksimum 25 knots. Sementara itu, Dirut PT Palindo, Aryanto, mengatakan pembuatan kapal ini menggunakan 85 persen kandungan lokal dan dikerjakan 300 tenaga kerja lokal.

“Ini kapal pertama yang kami buat untuk Bakorkamla, tapi kami sudah banyak membuat untuk TNI AL,” jelasnya beberapa waktu lalu.

Untuk memaksimalkan penggunaan kapal tersebut, sebelumnya Kalakhar Bakorkamla Laksdya TNI Bambang Suwarto bersama rombongan melaksanakan uji coba (sea trial) dua kapal patroli di sekitar perairan Barelang, Batam, Kepulauan Riau.

Uji coba ini dilakukan jelang pengoperasian sekaligus peresmian kapal milik Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla) yakni Kapal Negara (KN) Bintang Laut (Kamla 4801) dan KN Singa Luat (Kamla 4802).

Dari informasi yang dihimpun Tribun Batam (Tribunnews.com Network), dua kapal tersebut, mulai melakukan sea trail dari Pelabuhan Tanjunguncang ke sekitar perairan Barelang.

Yang ditujukan untuk memeriksa kesiapan dan kelayakan dua kapal patroli yang memiliki panjang 48 meter tersebut.

Rencananya dua kapal tersebut akan ditempatkan menjaga perairan di alur laut Kepulauan Indonsia (ALKI) 1 yang ada di Satgas 1 Batam dan ALKI 2 yang ada di Satgas 2 Manado.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini