News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ekspedisi Nusantara Jaya 2015 akan Singgahi 540 Pelabuhan di 22 Provinsi

Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

KRI Banda Aceh dan KRI Tanjung Nusanive bersiap di Dermaga Komando Lintas Laut Militer, Tanjung Priok, Jakarta, Senin (1/6/2015). KRI Banda Aceh akan diikutkan dalam Ekspedisi Nusantara Jaya 2015.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nurmulia Rekso Purnomo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, didampingi Menteri Koordinator Kemaritiman RI, Indroyono Soesilo, melepas rombongan Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) 2015, di Markas Komando Lintas Laut Militer Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (1/6/2015).

Ekspedisi itu terdiri dari KRI 593 - Banda Aceh, dua kapal Rumah Sakit apung dan 86 kapal perintis. Kapal-kapal tersebut antara lain membawa 2.000 peserta ekspedisi. Sedangkan bahan bantuan yang dibawa antara lain tangki air, genset, parabola, sembako, bibit tanaman dan perlengkapan sekolah.

Rencananya rombongan itu akan menyinggahi 540 pelabuhan dan pulau-pulau kecil, di 22 provinsi di Indonesia. Mereka akan membagikan barang bantuan, bakti sosial, pelatihan kepemudaan, pengobatan gratis, operasi pasar murah, penukaran uang tidak layak pakai serta pentas seni budaya.

Jusuf Kalla dalam sambutannya menyebut ekspedisi tersebut penting untuk mempersatukan Indonesia yang terdiri dari ratusan ribu pulau. Masyarakat yang tinggal di perbatasan dan pulau-pulau terpencil juga harus mendapatkan perhatian yang sama.

Ia mengimbau, agar pola pikir laut sebagai pembatas harus diubah. Jusuf Kalla mengatakan laut haruslah dianggap sebagai pemersatu.

"Kalau dulu kita bilang Jawa dan Kalimantan dipisahkan laut Jawa, maka dewasa ini kita harus bilang Jawa dan Kalimantan disatukan oleh Laut Jawa," tandasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini