News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pernikahan Anak Jokowi

Khawatir Grogi, Penghulu Pernikahan Putra Jokowi Siapkan Catatan

Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Jokowi terlihat mendampingi putranya Gibran Rakabuming Raka.

TRIBUNNEWS.COM, SOLO – Besok, Kamis (11/6/2015), putra Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda akan melangsungkan akad nikah. Dalam akad nikah tersebut, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Banjarsari, Mukhtaroji akan bertugas menjadi penghulu.

Beragam persiapan pun digelar termasuk menyiapkan pakaian yang akan digunakan saat menjadi penghulu nanti.

“Untuk persiapan semuanya sudah siap. Jadi besok (hari ini-red) tinggal melaksanakan ahad nikah,” terang Mukhtaroji kepada Joglosemar, Rabu (9/6/2015).

Lanjut Mukhtaroji, untuk menjadi penghulu pernikahan anak presiden, tentu bukan menjadi hal yang biasa bagi Mukhtaroji.

“Pasti nanti banyak wartawan yang ambil gambar, lalu tamu-tamunya juga banyak pejabat, maka saya juga harus persiapan supaya tidak grogi,” kata Mukhtaroji.

Untuk itu Kepala Kementerian Agama Kota Surakarta juga menyarankan kepada dirinya untuk tetap membaca catatan khutbah nikah. Himbauan ini diberikan kepada Mukhtaroji supaya saat melangsungkan ijab qobul jika lupa bisa langsung melihat catatan.

“Kalau orang grogi itukan meski sudah persiapan dan hafal, bisa saja lupa. Untuk antisipasi hal tersebut yaitu dengan membawa catatan,” kata Mukhtaroji.

Untuk urut-urutan ijab qobul yaitu diawali dengan perkenalan dari penghulu yaitu Mukhtaroji sendiri lalu mencatat saksi, menyerahkan mahar, membaca Alquran, membaca khutbah nikah, akah nikah, doa nikah, peresmian sekalian tanda tangan serta penyerahan buku nikah.

Penulis: Dwi Hastuti
Sumber: JogloSemar.co

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini