News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Majelis Hakim Tolak Eksepsi Eks Direktur Pengolahan PT Pertamina

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Mantan Dirut Pengolahan Pertamina Suroso Atmo Martoyo ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi di Jakarta, Selasa (24/5/2015). Suroso ditahan bersama Dirut PT Willy Sebastian Liem karena terkait kasus suap terhadap staf dan pejabat Pertamina dalam pembelian TEL dari perusahaan asal Inggris Innospec. (TRIBUNNEWS/DANY PERMANA)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Majelis Hakim menolak nota keberatan atau eksepsi yang diajukan oleh mantan Direktur Pengolahan PT Pertamina, Suroso Atmomartoyo terkait dugaan suap pembelian Tetra Ethyl Lead (TEL) pada akhir 2004 dan 2005 melalui PT Soegih, sebagai agen Innospec Ltd.

Hakim menolak nota keberatan itu lantaran alasan Suroso terkait kantong uang suap dalam Bank UOB Singapura adalah miliknya. Padahal, rekening tersebut dibuka oleh Willy Sebastian Liem selaku orang yang memberikan suap pada dirinya.

"Materi (nota keberatan) sudah masuk pokok perkara yang harus dibuktikan dalam sidang. Eksepsi tidak dapat diterima," kata Hakim Ketua, Casmaya saat membacakan putusan sela di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (29/6/2015).

Majelis hakim beranggapan dakwaan yang disusun oleh Jaksa KPK terkait pemberian uang tersebut dapat dijadikan dasar pemeriksaan. Dengan dasar itulah dan hasil musyawarah hakim lainnya memutuskan untuk menolak nota keberatan tersebut.

Hakim pun memerintahkan Jaksa pada KPK menghadirkan saksi pada sidang selanjutnya pekan depan. Tujuannya untuk pembuktian atas surat dakwaan yang disusun Jaksa KPK.

Seperti diketahui, dalam eksepsinya Suroso mengklaim tak pernah meminta Willy untuk membuatkan rekening bank di UOB Singapura sebagai kantong duit suap. Bantahan itu disampaikan untuk menepis surat dakwaan Jaksa KPK.

"Terdakwa (Suroso) tidak pernah menerima, menikmati, dan mempergunakan dana sejumlah 190 ribu dollar AS serta menginap di Hotel Radisson Edwardian May Fair London," kata Asep Bambang yan merupakan kuasa hukum Suroso saat membacakan nota keberatan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (22/6/2015).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini