News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Langkah Bupati Batang Selenggarakan Festival Anggaran Bisa Jadi Kebijakan Nasional

Penulis: Amriyono Prakoso
Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sekretaris Jenderal Transparency International Indonesia, Dadang Tri Sasongko.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Amriyono Prakoso

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Transparency International Indonesia, Dadang Tri Sasongko mengatakan langkah Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo yang menyelenggarakan festival anggaran dapat menjadi kebijakan pemerintah pusat.

Seperti halnya, pemerintah yang memberikan kebijakan tentang anggaran yang melalui teknologi berdasarkan kebijakan Tri Rismaharini di Surabaya.

"Saya kira jadi bagus kalau memang pemerintah bisa menerapkan festival anggaran ini. Apapun alokasi anggaran yang direncanakan dapat diketahui oleh masyarakatnya sendiri," ujarnya saat diskusi di kawasan Cikini, Jakarta, Minggu (6/3/2016).

Menurut Dadang, adanya festival anggaran dapat disesuiakan dengan kebutuhan daerahnya masing-masing. Namun caranya tetap sama dengan yang dilakukan oleh Bupati Batang, Yoyok Riyo Sudibyo.

Festival tersebut juga dapat melihat potensi kepala daerah yang sungguh-sungguh untuk membangun daerah dari setiap perencanaannya.

Sebaliknya juga dapat melihat kepala daerah yang mempunyai potensi untuk melakukan penyelewengan anggaran.

"Dari festival itu kan nanti masyarakat bisa tahu, kemana saja dananya dan kalau ada penyimpangan bisa terlihat. Jadi saya rasa penting seperti ini," tambahnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini