News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Sejumlah Politikus Setuju Jabatan Badrodin Haiti Sebagai Kapolri Diperpanjang

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Adi Suhendi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kapolri Jendral Polisi Badrodin Haiti

Laporan Wartawan Tribunnews.com, M Zulfikar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Dewan Presidium Jaringan Aktivis Reformasi Indonesia (Jari 98), Willy Prakarsa mengapresiasi para politikus Senayan yang ikut mengamini dan mendukung wacana perpanjangan masa jabatan Jenderal Pol Badrodin Haiti sebagai Kapolri.

Willy menegaskan demi stabilitas keamanan nasional Presiden Jokowi bisa merealisasikan perpanjangan jabatan Badrodin sebagai Kapolri.

Ia melihat Badrodin merupakan sosok yang mampu menciptakan iklim kondusif ditubuh korps Bhayangkara yang jauh dari kegaduhan.

"Badrodin termasuk pimpinan yang cerdas dan akomodatif. Dukungan-dukungan dari berbagai pihak itu menjadi pertanda bahwa Pak Badrodin sangat layak untuk diperpanjang," kata Willy dalam keterangan tertulisnya, Rabu (18/5/2016).

Willy berharap Presiden Jokowi bisa segera membuat keputusan karena waktu menuju masa pensiun Kapolri sudah sangat dekat.

"Ini adalah hak preogratif sepenuhnya Pak Jokowi. Saya harap agar segera ambil keputusan tersebut," ujarnya.

Sementara itu, sejumlah politikus pun sepakat memberikan dukungannya, mulai dari politikus PPP Dimyati Natakusumah, dan Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon juga menyatakan hal serupa, meskipun keputusan perpanjangan masa jabatan Kapolri menjadi ranahnya Presiden.

Politikus Gerindra, Arief Poyouno pun turut mengapresiasi duet Badrodin dan Budi Gunawan dalam mengungkap beberapa kasus.

Kata dia, partainya tidak akan mempermasalahkan apabila Badrodin diperpanjang.

"Saya pikir UU Kepolisian harus diubah mengenai usia pensiun, jadi bisa ditambah menjadi 60 tahun," katanya.

Lanjut dia, pihaknya memiliki perhitungan dan penelitian pada saat pelaksanaan Pilkada lalu, dimana Polri bisa memposisikan dirinya netral.

"Ini adalah poin plus Badrodin. Saya rasa oke oke saja karena kinerja Badrodin menunjukkan pekerjaan yang baik," katanya.

Selanjutnya, Politikus Nasdem, Kisman Latumakulita juga menyakini Badrodin akan diperpanjang mengingat hingga saat ini belum ada nama calon penggantinya yang diajukan kepada Jokowi.

padahal Badrodin akan memasuki masa pensiunnya pada Juni 2016.

"Feeling politik saya, Badrodin akan diperpanjang 1 tahun dan beliau akan pensiun berbarengan dengan Wakapolri Budi Gunawan," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini