News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kepala BIN

Presiden Jokowi Dinilai Tepat Angkat Budi Gunawan Calon Kepala BIN

Penulis: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Komjen. Pol. Budi Gunawan.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  - Ditunjuknya Komjen Budi Gunawan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) bukanlah sesuatu yang mengejutkan.

Direktur Eksekutif Badan Pekerja Institut Proklamasi, Arief Rachman mengatakan, ada kebutuhan bagi Presiden Jokowi untuk memperkuat positioning politik pemerintah khususnya dalam bidang keamanan dalam negeri.

"Budi Gunawan secara personal merupakan sosok yang ahli dalam menyusun perencanaan strategis, khususnya di bidang keamanan," ujar Arief di Jakarta, Minggu (4/9/2016).

Kebutuhan mendesak saat ini kata Arief adalah menghadapi munculnya gejala kekerasan sosial, kriminalitas, radikalisme serta terorisme global.

"Maka membutuhkan adanya kerjasama strategis antar institusi dilingkup penanganan dan pengamanan situasi secara nasional," sambungnya.

Dijelaskan dia, munculnya akar-akar kekerasan dimasyarakat saat ini menjadi fokus perhatian serius aparat keamanan.

Potensi konflik horizontal, fenomena anarkisme sosial yang semakin nyata membutuhkan suatu strategi khusus dalam penanganan masalah tersebut.

"Sosok Budi Gunawan adalah orang yang "kenyang asam garam" dan tepat dalam situasi seperti saat ini," ucapnya.

Selain itu, lanjut dia, Budi Gunawan merupakan tokoh senior dilingkungan Polri saat ini. Pengaruh dan kecakapan sebagai seorang jenderal polisi menjadikan Budi Gunawan figur yang pas untuk menjabat kepala BIN.Presiden Jokowi membutuhkan orang yang handal tetapi juga loyal. Secara politik ada kebutuhan kesana untuk menjaga stabilitas dan keamanan negara juga mensukseskan pemerintahan sampai 2019 nanti.

"Oleh karena itu, maka kami sebagai kelompok masyarakat sipil yang concern dengan isu-isu strategis akan mengawal kepemimpinan Budi Gunawan," kata dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini