News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pembobolan Dana Nasabah

Polisi Masih Cari Kaitan Antara Kelompok WNA Pembobol Dana Nasabah dengan Kasus di Jawa Timur

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Nurmulia Rekso Purnomo
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUN-VIDEO.COM, JAKARTA - Polisi terus mendalami keterkaitan hilangnya dana nasabah Bank BRI di Kediri, Jawa Timur dengan para pelaku pencurian data atau skimming yang dilakukan oleh WNA asal Rumania dan Hungaria serta seorang WNI.

Pendalaman dilakukan oleh pihak kepolisian terkait ditemukannya sejumlah ATM dari berbagai Bank dari para pelaku tersebut.

"kami masih mendalami apakah kartu-kartu ini dan Bank yang terkait," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Nico Afinta saat rilis di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (17/3/2018).

Baca: Kartu Indonesia Sehat Tidak Berguna Bagi Korban Bom Bali, Chusnul Khotimah

Baca:  Mereka yang Lolos Jadi Anggota Polri

Pasalnya, Polisi saat ini mendapati para perlaku tidak menyasar kesalah satu Bank saja.

Yang dilakukan pelaku, kata Nico, memasang alat skimming hampir diseluruh Bank.

"Pada prinsipnya mereka bukan Bank yang mana tapi prinsipnya mereka itu kartu mana yang dimasukan ke mesin ATM yang kelihatan pinnya untuk di pindahkan datanya ke kartu mereka supaya bisa mengambil uang," terang Nico.

Sebelumnya, puluhan nasabah bank mendatangi kantor cabang di Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, JawanTimur, Senin (12/3/2018).

Para nasabah tersebut bermaksud mempertanyakan soal uang mereka yang hilang tiba-tiba di dalam rekening kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Dari hasil pengembangan, Tim Subdit Resmob Polda Metro Jaya menangkap lima orang tersangka, di mana empat orang tersangka merupakan Warga Negara Asing (WNA).

Tiga WNA berasal dari Rumania dengan inisial I alias RL, LN alias M, serta ASC. Dan satu WNA berasal dari Hungaria dengan inisial FH.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini