News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Sosok Kombes Pol Lisda Cancer, Dokter di balik Keberhasilan DVI Identifikasi Korban Lion Air PK-LQP

Penulis: Yanuar Nurcholis Majid
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kepala Bidang Disaster Victim Identification (DVI) Mabes Polri Kombes (Pol) Lisda Cancer, di Rumah Sakit Bhayangkara I R. Said Sukanto (RS Polri), Jakarta Timur, Kamis (1/11/2018).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Nurcholis Majid 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - -  Keberadaan Kombes Polisi Lisda Cancer menjadi salah satu "buruan" wartawan saat tragedi maut Pesawat Lion Air PK-LQP terjadi beberapa pekan lalu. 

Walaupun hingga larut malam, para awak media tetep setia menunggu informasi terkini yang disampaikan wanita yang tahun ini genap berusia 50 tahun itu.

Mengenakan atribut lengkap di seragam nya, Lisda yang satu-satu nya perempuan saat konferensi pres berlangsung, sigap memberikan memberikan meteri. 

"Terimakasih teman-teman media masih setia menunggu informasi dari kami," ujar Lisda setiap kali mengawali konferensi pres nya. 

Namun siapa sangka lulusan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Indonesia ini tertarik bergabung dengan kepolisian lantaran seniornya di Resimen Mahasiswa (Menwa) banyak yang menjadi anggota TNI dan Polri. 

Karna terispirasi seniornya itu, Lisda pun akhirnya memutuskan untuk mengikuti sekolah perwira selepas lulus FKG tahun 1994. 

"Setelah itu saya masuk pendidikan polisi, pendidikan polisi sembilan bulan ya, penempatan pertamanya di sekolah polisi wanita dari 95 - 2003, lalu 2003 saya pendidikan sekolah lanjutan perwira, terus sampai 2004," cerita Lisda, saat ditemui Tribunnews.com, beberapa waktu lalu. 

Baru lah di tahun 2004 ibu dari tiga orang anak ini bergabung ke Pusdokkes Polri di bidang Kedokteran Polisian dan bargabung di tim forensik Polri. 

Awal karir dirinya di forensik pun terbilang cukup berat, ditahun pertama bekerja Ia sudah menangani kasus pengeboman Kedutaan Australia 2004 silam. 

Berselang lima tahun tepatnya tahun 2009, perempuan kelahiran 1968 ini juga terlibat dalam tim yang mengindentifikasi pelaku bom JW Mariot dan Ritz Carlton. 

Terakhir kasus bom bunuh yang terjadi di Surabaya pada Mei 208 lalu, yang para pelaku nya merupakan satu keluarga Ia juga tangani. 

Lebih dari 14 tahun "berkawan" akrab dengan jenazah, Lisda mangaku hingga saat ini masih merasa tidak "nyaman" ketika harus dihadapkan dengan kondisi jenazah yang tidak utuh. 

"Yang pertama, takut sih ga ya. Alhamdulillah kalau takut enggak. Cuman rasa mungkin enggak nyaman ya apalagi kalau lihat kondisinya enggak (bagus) ini enggak nyaman tapi ya lama lama terbiasa," ucap Lisda. 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini