News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Peringati Hardiknas, Kemendikbud Tetap Mengedepankan Peningkatan Sumber Daya Manusia

Editor: FX Ismanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sebagai bagian dari memperingati Hari Pendidikan Nasional, tahun ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar rangkaian acara Pekan Pendidikan dan Kebudayaan Harmoni Bersama Masyarakat yang dihadiri Mendikbud Muhadjir Effendi di Plaza Kemendikbud Jakarta Selatan, Minggu (28/04/2019).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARA - Sebagai bagian dari memperingati Hari Pendidikan Nasional, tahun ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar rangkaian acara Pekan Pendidikan dan Kebudayaan “Harmoni Bersama Masyarakat” di Plaza Kemendikbud Jakarta Selatan pagi hari tadi (Rabu, 28/04/2019).

Mengusung tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan” dengan “Mewujudkan SDM Kompetitif, Inovatif, dan Berkarakter” acara yang digelar setiap tahun ini dimulai pada pukul 06.30 pagi yang diisi oleh berbagai kegiatan seperti, jalan sehat, senam pagi, panggung hiburan berupa : pentas seni dan pembagian hadiah lawang (door prize), hingga jumpa artis.

Selain itu, terdapat pameran beasiswa yang diperuntukan bagi yang ingin melakukan konsultasi dan membuat rencana studinya. Hal ini merupakan upaya pemerintah untuk memberikan wadah sekaligus sebagai sentral informasi bagi siapa saja yang mencari peluang beasiswa yang diselenggarakan oleh Kemendikbud. Adapun pameran beasiswa ini akan berlangsung hingga 30 April 2019 mendatang dan berlokasi di Halaman Masjid Baitut Tholibin Kompleks Kemendikbud, Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta.

Namun, dalam kesempatan yang sama Bapak Muhadjir Effendi, menerangkan bahwa Pameran Beasiswa dapat dimanfaatkan bagi para siswa yang telah diberikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang jumlahnya Rp.17.900.000 untuk siswa seluruh Indonesia. Sedangkan bagi guru yang berprestasi, dapat memanfaatkan pameran beasiswa ini berkonsultasi melanjutkan studi graduate program-nya atau mengambil kursus jangka pendek diluar negeri. Dimana, beberapa waktu lalu sudah dilakukan pengiriman 1.200 guru untuk belajar keluar negeri mengambil kursus selama kurang lebih satu bulan dengan tujuan agar para guru ini mendapat keterampilan tambahan dan memperluas wawasan dalam system pengajaran yang dapat diaplikasikan guna meningkatkan darma bakti terbaiknya untuk siswa di Indonesia. Hal ini akan terus dilakukan oleh kemendikbud sebagai upaya terus membangun kualitas sumber daya manusia dan diharapkan pada periode berikutnya dapat melanjutkan apa yang sudah dicapai atau dilaksanakan ini.

Selain Pameran Beasiswa, terdapat juga berbagai kegiatan lain yang tentunya sangat bermanfaat bagi siswa maupun guru serta masyarakat luas dengan nilai pendidikan dan kebudayaan yang tinggi, diantaranya pameran buku murah, festival kerja, pameran foto pendidikan, membuat mural (Komunitas Mural), Melukis Sketsa Wajah, Kuliner oleh SMK, dan lain sebagainya.

Puncak Pekan Pendidikan dan Kebudayaan ini akan berlangsung hingga 2 Mei 2019 mendatang baik di Kemendikbud Pusat maupun didaerah.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini