News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2019

Jusuf Kalla Ungkap Perbedaan Saat Bersama SBY dan Jokowi

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wakil Presiden Jusuf Kalla kantor wapres RI, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (2/7/2019).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Jelang masa jabatan wakil presiden yang tinggal 3,5 bulan, Wapres RI Jusuf Kalla mengungkapkan, perbedaan mendampingi Presiden kelima Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan presiden keenam Joko Widodo.

JK menuturkan, saat bersama Ketua Umum Partai Demokrat itu, dirinya ditugasi SBY fokus menyelesaikan ekonomi dan kesejahteraan.

"Karena pada waktu saya dengan pak SBY, waktu itu saya diminta menyelesaikan masalah ekonomi dan kesejahteraan. Saya rasakan itu, kalau sekarang, lebih fleksibel," kata JK di kantor wapres RI, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (2/7/2019).

Sementara saat bersama Jokowi, pekerjaan utama membantu presiden menjadi lebih fleksibel.

Baca: Kata TKN Soal Kabinet Jokowi akan Banyak Diisi Orang Muda

Ia mengaku sering memberikan masukan kepada mantan wali kota itu.

"Saya sering punya inisiatif (ke Pak Jokowi) 'Pak begini baiknya, saya ingin kerjakan' oke kerjakan' seperti itu. Peran wapres yang utama itu membantu presiden. itu konstitusi berbunyi begitu. Tentu tidak akan berbeda jauh dari situ (antara SBY dan Jokowi)," kata JK.

Ke depan JK berharap tampuk kepemimpinan Jokowi dan Maaruf Amin, dapat membangun sistem eksekutif, Yudikatif, dan Legislatif yang baik.

"Presiden itu sebagai kepala negara, jadi sebagai kepala negara membawahi semua ini. Mengkoordinasi semuanya," harap dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini