News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Besok Kemenag Gelar Sidang Isbat Penetapan Awal Zulhijah, Muhammadiyah Tetapkan Idul Adha 11 Agustus

Penulis: Imam Saputro
Editor: Wahid Nurdin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

FOTO DOKUMEN: Anggota tim Rukyatul Hilal memantau hilal penetapan jadwal puasa 2018 di Masjid Al Musari'in, Basmol, Jakarta, Selasa (15/5/2018). Kementerian Agama menggelar pemantauan hilal (rukyatul hilal) untuk penetapan 1 Ramadan 1439 H di 95 titik pemantauan yang tersebar di 32 provinsi guna menetukan rukyatul hilal dan data hisab posisi hilal untuk dimusyawarahkan dalam sidang isbat. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN

TRIBUNNEWS.COM - Kementerian Agama Republik Indonesia dijadwalkan menggelar sidang isbat atau penetapan 1 Zulhijah, Kamis 1 Agustus 2019.

Penetapan awal bulan Zulhijah berkaitan dengan kapan hari raya kurban atau Iduladha 10 Zulhijah dilaksanakan di Indonesia.

Sidang dijadwalkan akan dipimpin oleh Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin.

Karena Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat ini masih bertugas sebagai Amirul Hajj di Arab Saudi.

Melalui mekanisme sidang isbat tersebut, Kemenag akan menetapkan kapan umat muslim Indonesia akan berhari raya Idul Adha, 10 Zulhijah 1440H.

"Sidang isbat awal Zulhijjah akan dilaksanakan Kamis, 1 Agustus 2019M di Auditorium HM. Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jl. MH. Thamrin No. 6, Jakarta," kata Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin di Jakarta dikutip dari laman resmi Kemenag.

Menurut Amin, sidang isbat akan dihadiri MUI, para Duta Besar Negara sahabat, Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Sementara itu Muhammadiyah sudah menetapkan 1 Zulhijah 1440 Hjatuh pada hari Jumat Wage, 2 Agustus 2019 M.

Halaman selengkapnya>>>

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini