News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Prakiraan Cuaca

BMKG Peringatan Dini Cuaca 21-22 Januari 2020: Jabodetabek Berpotensi Hujan Angin Kilat/Petir

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Whiesa Daniswara
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi hujan petir - BMKG Peringatan Dini Cuaca 21 - 22 Januari 2020: Jabodetabek Berpotensi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang, Kilat/Petir

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca yang diprakirakan akan terjadi pada hari ini Selasa 21 Januari hingga besok Rabu 22 Januari 2020.

Peringatan dini cuaca dibuat berdasarkan update terakhir Senin 20 Januari 2020 pada pukul 19.22 WIB, karena adanya massa udara basah.

Massa udara basah terjadi di lapisan rendah terkonsentrasi di sebagian besar Sumatera, Jawa bagian Barat dan Utara, Bali, sebagian NTB dan NTT, sebagian besar Kalimantan bagian Barat, Tengah dan Selatan, sebagian Sulawesi bagian Tenggara, Selatan dan Barat, serta sebagian Papua Barat dan Papua.

Sedangkan daerah yang memiliki potensi konvektif dari faktor lokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang/kuat terdapat di wilayah Aceh bagian Barat, Sumatera Utara bagian Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Lampung bagian Barat, DKI, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Terdapat juga Konvergensi memanjang di wilayah Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, di Kalimantan Barat bagian Utara, dan dari Laut Jawa Timur hingga Perairan Utara NTT.

Belokan angin juga terdapat di Sumatera bagian Tengah dan Selatan, Kep. Bangka Belitung, Selat Karimata, Kalimantan bagian Barat dan Tengah, Laut Jawa, dan Sulawesi bagian Tengah.

Berikut beberapa wilayah yang diprakirakan berpotensi hujan lebat dan hujan lebat disertai angin kencang kilat/petir hari ini Selasa hingga besok Rabu dilansir laman bmkg.go.id, Selasa (21/1/2020).

Selasa, 21 Januari 2020

Wilayah Berpotensi Hujan Lebat

- Aceh

- Sumatera Barat

- Lampung

- Jawa Tengah

- Nusa Tenggara Barat

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini