News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kogabwilhan dan Koopsus TNI Akan Diperkenalkan di Rapim TNI 2020

Penulis: Gita Irawan
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Idham Azis

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto akan memperkenalkan lima organisasi baru TNI yakni Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan), Komando Operasi Khusus TNI (Koopsus TNI), Pusat Informasi Maritim TNI (Pusinfomar TNI), Satuan Siber TNI, dan Satuan TNI Terintegrasi kepada peserta Rapat Pimpinan TNI 2020.

Hadi mengatakan, pengenalan lima organisasi baru TNI tersebut akan dilaksanakan dalam Rapat Pimpinan TNI 2020 di Mabes TanI dalam Rapat Pimpinan TNI 2020 di Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur pada Rabu (29/1/2020).

Ia mengatakan, hal tersebut dilakukan untuk memberikan kejelasan pemahaman terkait dengan grand design organisasi TNI dan mekanisme kerja dalam melaksanakan tugas-tugas operasi.

"Pada kegiatan Rapim ini juga akan dilaksanakan Olah Yudha (simulasi operasi) sebagai tindak lanjut pengembangan organisasi TNI antara lain Kogabwilhan, Koopsus TNI, Pusat Info Maritim TNI, Satuan Siber TNI, dan Satuan TNI Terintegrasi," kata Hadi dalam sambutannya ketika membuka Rapim TNI 2020.

Baca: Ini Permintaan Jokowi Soal Pengadaan Alutsista TNI

Selain itu, ia mengatakan pembangunan fasos TNI melalui pembentukan organisasi-organisasi baru dan berbagai organisasi di tiap-tiap matra menjadikan tantangan bagi TNI akan lebih maju untuk mengimplementasikan perannya sebagai komponen utama pertahanan negara.

"Berbagai organisasi baru yang telah dibentuk adalah sebagai upaya TNI untuk lebih mengefektifkan dan mengefisienkan gelar operasi TNI di seluruh wilayah NKRI, serta meningkatkan peran serta TNI dalam penanggulangan terorisme di Indonesia," kata Hadi.

Rapim TNI tahun 2020 diikuti oleh 269 peserta terdiri dari 4 Pimpinan TNI, 58 pejabat Mabes TNI, 44 TNI AD, 42 TNI AL, 28 TNI AU, 78 Pejabat Non Struktural TNI dan 15 perwakilan Kolonel.

Baca: Temukan Markas KKB di Intan Jaya Papua, Ini Kemudian yang Dilakukan Anggota TNI

Rangkaian kegiatan Rapim TNI tanggal 29 Januari 2020 juga akan diisi dengan pembekalan Menteri PPN/Kabapenas, Menteri Keuangan, para Pejabat Tinggi TNI, Ketua BPK dan diakhiri dengan penyampaian Pokok-Pokok Kebijakan dan Penekanan Panglima TNI.

Rapim TNI 2020 yang berlangsung satu hari tersebut mengangkat tema “Membangun TNI Yang Kuat, Unggul, Maju dan Mandiri Guna Keberhasilan Pelaksanaan Tugas Pokok”, dengan tujuan meningkatkan profesionalitas, sinergi, soliditas

Dalam kegiatan tersebut hadir pula Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, dan Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman membuka Rapat Pimpinan (Rapim) TNI tahun 2020.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini