News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Jokowi Resmikan Underpass Yogyakarta Internasional Airport : Panjang Terowongan 1,3 Km, Pecah Rekor

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan underpass Yogyakarta International Airport (YIA), Jumat (31/1/2020). Acara tersebut merupakan salah satu agenda dalam kunjungan kerja Presiden ke Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Underpass Yogyakarta Internasional Airport (YIA) merupakan Terowongan terpanjang di Indonesia, sepanjang 1,3 km dan dengan masing-masing lebar 7,25. Pengerjaan terowongan ini dilakukan selama setahun oleh kementarian PUPR dan pelaksana pengerjaan oleh WIKA. TRIBUNNEWS.COM/Agus Soeparto

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan lintas bawah (underpass) Yogyakarta International Airport (YIA) pada Jumat (31/1/2020).

Underpass tersebut menjadi terowongan terpanjang di Indonesia.

Tercatat panjang terowongan tersebut mencapai 1,3 kilometer.

"Pada sore hari ini kita meresmikan terowongan terpanjang. Ini 1,3 kilometer," kata Jokowi yang dikutip dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (31/1/2020).

"Terowongan terpanjang di Indonesia yang juga salah satu dari keseluruhan proyek Yogyakarta International Airport," tambah Jokowi.

Ornamen geblek di bagian divider jalan Underpass YIA. (TribunJogja)

Diketahui, underpass tersebut dibangun untuk mempertahankan eksistensi ruas jalan nasional Pantai Selatan Jawa (Pansela).

Pansela tersebut menghubungkan Purwokerto dan Yogyakarta serta memperlancar arus lalu lintas warga Kulon Progo dan sekitarnya.

Perlu diketahui juga, sebelumnya pembangunan Bandar Udara Yogyakarta International Airport (YIA) ini memotong ruas jalan Pansela.

Struktur underpass tersebut terdiri atas konstruksi terowongan sepanjan g1.095 meter, dan jalan pendekat arah timur dan barat masing-masing sepanjang 110 meter dan 100 meter.

UNDERPAS BERFUNGSI NORMAL - Penguna melintas dengan normal usai air mengenangi Underpass Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (27/1/2020). Sekitar tiga hari non-stop petugas gabungan menyedot genagan lebih 3 meter mengunakan sekitar 12 mesin penyedot. (Warta Kota/Henry Lopulalan) (Wartakota/henry lopulalan)

Lebar underpass tersebut sebesar 7,85 meter, dengan clearence atas 5,2 meter dan samping 18,4 meter.

Jokowi menuturkan, pembangunan underpass tersebut nantinya dapat memberikan kontribusi terutama meningkatkan kunjungan turis ke Yogyakarta, Borobudur dan Prambanan.

"Tinggal nanti menyelesaikan layanan transportasi antarmoda yang interkoneksi, sehingga masyarakat memiliki pilihan-pilihan," tambah Jokowi.

"Ada opsi yang bisa dipilih dalam rangka pelayanan kepada turis dan masyarakat," terangnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan underpass Yogyakarta International Airport (YIA), Jumat (31/1/2020). Acara tersebut merupakan salah satu agenda dalam kunjungan kerja Presiden ke Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Underpass Yogyakarta Internasional Airport (YIA) merupakan Terowongan terpanjang di Indonesia, sepanjang 1,3 km dan dengan masing-masing lebar 7,25. Pengerjaan terowongan ini dilakukan selama setahun oleh kementarian PUPR dan pelaksana pengerjaan oleh WIKA. TRIBUNNEWS.COM/Agus Soeparto (TRIBUNNEWS.COM/BIRO PERS)

Dikutip dari Kompas.com,, akses underpass tersebut dilengkapi dengan delapan buah pintu darurat (emergency exit).

Emergency exit itu berada di sisi kanan dan kiri terowongan.

Aspek keamanan lain yang menjadi perhatian adalah underpass tersebut dilapisi water stop yang terbuat dari karet.

Water stop itu terletak di dinding dan lantai yang bertujuan mengantisipasi banjir.

Underpass tersebut juga dilengkapi dengan jalur pembuangan serta pompa air untuk mengantisipasi adanya genangan air saaat turun hujan.

(Tribunnews.com/Andari Wulan Nugrahani) (Kompas.com/Suhaiela Bahfein)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini