News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Virus Corona

Aktivitas Sekolah Dihentikan Sementara, Kemendikbud Dorong Pembelajaran Daring di Portal Ini

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Anita K Wardhani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Mendikbud Nadiem Makarim di kantor Kemendikbud, Jakarta, Senin (23/12/2019).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim angkat bicara soal kebijakan sejumlah pemerintah daerah (Pemda) yang menghentikan sementara aktivitas sekolah demi mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Nadiem menegaskan siap mendukung langkah Pemda-pemda meliburkan sekilah guna memastikan keamanan dan keselamatan semua warga sekolah.

"Dampak penyebaran Covid-19 akan berbeda dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Kami siap dukung kebijakan yang diambil Pemda. Keamanan dan keselamatan peserta didik serta guru dan tenaga kependidikan itu yang utama," ujar Nadiem, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (15/3/2020).

Nadiem mengapresiasi langkah proaktif yang dilakukan di semua lini pemerintahan daerah serta mitra di kalangan swasta.

Oleh karenanya, dia mengatakan mendorong sistem pembelajaran secara daring (online) bagi para siswa.

Telkomsel meluncurkan Paket Ilmupedia, paket data yang dapat digunakan untuk mengakses aplikasi belajar online, sebagai upaya mendukung anak muda dalam menggali potensi diri mereka, dengan menghadirkan kemudahan akses belajar secara online. (Istimewa)

Bahkan, pihaknya mengaku siap untuk mendukung implementasi penundaan Ujian Nasional (UN) jika diperlukan.

"Kemendikbud siap dengan semua skenario termasuk penerapan bekerja bersama-sama untuk mendorong pembelajaran secara daring (dalam jaringan) untuk para siswa," kata dia.

Saat ini, Kemendikbud mengembangkan aplikasi pembelajaran jarak jauh berbasis portal dan android Rumah Belajar. Portal Rumah Belajar dapat diakses di belajar.kemdikbud.go.id.

Ilustrasi belajar di rumah (StudyInternational.com)

Beberapa fitur unggulan yang dapat diakses oleh peserta didik dan guru di antaranya Sumber Belajar, Kelas Digital, Laboratorium Maya, dan Bank Soal.

Rumah Belajar dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini