News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Virus Corona

OK OCE dan Dompet Dhuafa Kolaborasi Bangkitkan Ekonomi UMKM di Fase Pandemi Corona

Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Founder OK OCE, Sandiaga Salahuddin Uno di Web Seminar mengangkat tema “Peranan penting Pembiayaan Syariah Untuk Membangkitkan UMKM Di Masa Pandemi Covid-19,” Senin (27/4/2020).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pandemi Covid-9 membuat aktivitas di sektor ekonomi turun sangat signifikan. Salah satunya adalah pebisnis di sektor UMKM.

Mengantisipasi hal tersebut, OK OCE Indonesia bersama pengelola Program Social Trus Fund Dompet Dhuafa menyelenggarakan Web Seminar (Webinar) dengan mengangkat tema “Peranan penting Pembiayaan Syariah Untuk Membangkitkan UMKM Di Masa Pandemi Covid-19,” Senin (27/4/2020)

Sandiaga Salahudin Uno, founder OK OCE dan Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 mengatakan, OK OCE sendiri memiliki kurikulum 7 Langkah Pasti Akan Sukses dan Peran penting Pembiayaan Syariah Untuk Membangkitkan UMKM di Masa Pandemi Covid-19.

OK OCE memberikan pendampingan yang tadinya bersifat offline menjadi online kepada seluruh anggota agar bisnis mereka tetap berdiri pada kuadran usaha yang stabil.

"Kolaborasi bersama Dompet Dhuafa merupakan reminder kita untuk yakin bangkit dari wabah ini. Saya apresiasi kepada Dompet Dhuafa yang konsisten membantu memutus mata rantai wabah corona. Kebermanfaatan Dompet Dhuafa ini memberikan banyak kebaikan untuk umat dan kita berharap semoga badai pasti berllu,” ujar Sandiaga.

Baca: Pengamat: Ada Indikasi Pemerintah Akan Bailout Bank Gagal

Sandiaga menambahkan, Pemerintah selama ini berupaya mengatasi berbagai permasalahan dengan mengeluarkan beberapa regulasi dan kebijakan yang mengatur hal-hal terkait penanggulangan wabah Covid–19.

Baca: DPR: Garuda Perlu Diselamatkan demi Kelangsungan Industri Penerbangan

Selain dibuatnya regulasi yang mengatur tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB ) dan kebijakan work from home ( WFH ), Pemerintah juga telah melakukan relokasi anggaran yang diantaranya akan dipergunakan sebagai stimulus ekonomi kepada dunia usaha.

Baca: Lihat Aksi Sosial Driver Gojek, Kaka Slank Memuji Keren!

"Namun sepertinya hal tersebut tetap belum mampu mengatasi permasalahan-permasalahan didunia usaha termasuk pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)," ujarnya.

Guntur Subagja, CCO dompet Dhuafa mengatakan, Dompet Dhuafa selama ini konsisten memberikan manfaat kepada masyarakat saat wabah pandemi seperti sekarang, dengan didukung kekuatan 4 pilarnya.

"Dompet Dhuafa turut ambil peran memberdayakan pelaku ekonomi menengah ke bawah agar UMKM tetap bisa bertahan. Melalui program coronanomics Dompet Dhuafa melakukan pemberdayaan dan kemandirian ekonomi berskala keluarga," ujar Guntur.

Dia menambahkan, Dompet Dhuafa juga sangat menaruh konsentrasi terhadap UMKM yang menjadi sektor paling rentan kena hantaman pandemi virus corona dengan menggandeng usaha rumahan dan toko-toko kelontong sebagai partner dalam program Tebar Pangan.

Kegiatan ini bemanfaat membantu masyarakat bawah untuk memenuhi kebutuhan pokoknya, sekaligus membantu perekonomian toko-toko kelontong tersebut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini