News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

kepala Staf Angkatan Laut

Bakal Dilantik Jadi KSAL, Politikus PPP : Yudo Margono Berpeluang Jabat Panglima TNI

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Malvyandie Haryadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Yudo Margono.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR Syaifullah Tamliha menilai Laksamana Madya Yudo Margono memiliki peluang menjabat Panglima TNI, setelah dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL).

"Jika Presiden Jokowi bahwa Panglima TNI konsisten dijabat secara bergiliran, maka KSAL yang baru berpeluang untuk menggantikan Panglima TNI, jika Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mendapat tugas lain atau memasuki masa pensiun nantinya," kata Syaifullah kepada Tribun, Jakarta, Selasa (19/5/2020).

Meski berpeluang menjabat Panglima TNI, kata Syaifullah, pesaing Yudo Margono cukup berat karena ada sosok Jenderal Andika Perkasa yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). 

Baca: Profil Laksamana Madya Yudo Margono, KSAL Baru yang Bakal Dilantik Jokowi Rabu Besok

Baca: Besok, Dua Perwira Ini Dikabarkan Dilantik Jadi KSAL dan KSAU

"Peluang Jenderal TNI Andika tetap lebih besar, sebab Andika adalah Jenderal senior dan lebih berpengalaman dibandingkan dengan KSAU dan KSAL yang akan dilantik besok," tutur Syaifullah. 

Secara umum, politikus PPP itu mengatakan, Laksamana Madya Yudo Margono yang akan dilantik menjadi KSAL dan Marsekal Madya Fadjar Prasetyo akan menjabat KSAU, merupakan sosok yang tepat.

"Keduanya memang pantas menjadi KSAU dan KSAL, sebab terbukti berkarier dari bawah dan memiliki prestasi yang gemilang," ucap Syaifullah. 

Diketahui,  Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik KSAL dan KSAU di Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/5/2020) pagi. 

Adapun yang akan dilantik yakni Laksamana Madya Yudo Margono menggantikan Laksamana Siwi Sukma Aji yang akan memasuki masa pensiun. 

Sementara Marsekal Madya Fadjar Prasetyo akan dilantik menggantikan Marsekal Yuyu Sutisna yang juga akan memasuki masa pensiun.

"Iya betul besok akan dilantik," ujar Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada wartawan, Selasa, (19/5/2020).

Yudo saat ini menjabat sebagai  Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I. Yudo juga sempat menjabat sebagai Panglima Komando Armada 1.

Sementara itu, Fadjar Prasetyo saat ini menjabat Pangkogabwilhan II.  Sebelumnya ia menjabat Panglima Komando Operasi Angkatan Udara I. Baik Laksamana Madya Yudo maupun Marsekal Madya Fadjar Prasetyo sama sama merupakan angkatan 1988 di almamaternya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini