News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Sosok Suksesor KSAL-KSAU : Yudo Sangat Pengalaman Hingga Predikat Zero Accident Disandang Fadjar

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Marsekal Madya Fadjar Prasetyo

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Nama Laksamana Madya Yudo Margono dikabarkan akan menggantikan Laksamana Siwi Sukma Adji selaku Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL).

Sementara Marsekal Madya Fadjar Prasetyo disebut akan menggantikan Marsekal Yuyu Sutisna selaku Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU). Baik Siwi maupun Yuyu akan segera memasuki masa pensiun.

Peneliti HAM dan Sektor Keamanan SETARA Institute Ikhsan Yosarie menilai kedua sosok penerus atau suksesor Siwi dan Yuyu sudah tepat adanya.

"Jika dilihat dari latarbelakangnya, duo KSAL (Yudo) dan KSAU (Fadjar) ini bisa menjadi pilihan yang tepat," ujar Ikhsan, ketika dihubungi Tribunnews.com, Rabu (20/5/2020).

Untuk Yudo yang saat ini menjabat Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I, Ikhsan menilai sosok tersebut memiliki banyak pengalaman.

Baca: SETARA Institute Apresiasi Penunjukan KSAL dan KSAU di Tengah Pandemi Covid-19

Baca: Watford Konfirmasi 1 Pemain dan 2 Staff Terjangkit Virus Corona

Baca: Tiga Bulan Menikah, Isyana Sarasvati Sudah Jago Masak, Menu Ini Paling Disuka Sang Suami

"Laksamana Madya Yudo Margono dengan segudang pengalaman, serta jabatan terakhirnya sebagai Pangkogabwilhan I yang notabene adalah komando utama operasi Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (TNI)," kata dia.

Sosok Fadjar sendiri, kata Ikhsan, juga dianggap tepat lantaran memiliki prestasi dimana bertugas dengan predikat zero accident. Prestasi itu sendiri diakui oleh Yuyu.

"Fadjar Prasetyo selama menjabat Pangkoopsau I mendapat apresiasi dari KSAU Marsekal Yuyu. Karena berbagai prestasi yang dicapainya dalam melaksanakan berbagai tugas operasi dengan predikat zero accident," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), pada Rabu esok (20/5/2020).

Adapun yang akan dilantik yakni Laksamana Madya Yudo Margono menggantikan Laksamana Siwi Sukma Aji yang akan memasuki masa pensiun.

Sementara Marsekal Madya Fadjar Prasetyo akan dilantik menggantikan Marsekal Yuyu Sutisna yang juga akan memasuki masa pensiun.

"Iya betul besok akan dilantik," ujar Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada wartawan, Selasa, (19/5/2020).

Pelantikan akan dilakukan di Istana Negara pada pukul 09.00 WIB.

Yudo saat ini menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I. Yudo juga sempat menjabat sebagai Panglima Komando Armada I.

Sementara itu, Fadjar Prasetyo saat ini menjabat Pangkogabwilhan II. Sebelumnya ia menjabat Panglima Komando Operasi Angkatan Udara I.

Baik Laksamana Madya Yudo maupun Marsekal Madya Fadjar Prasetyo sama-sama merupakan angkatan 1988 di almamaternya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini