News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pesawat TNI AU Jatuh di Riau

Komisi I DPR Minta Panglima TNI Inspeksi Ulang Kesiapan Alutsista

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bidik layar video amatir jatuhnya pesawat tempur TNI AU. Pesawat diketahui sebagai BAE Hawk 209 dengan nomor registrasi TT-0209.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi I DPR meminta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan pengecakan secara menyeluruh terkait alat utama sistem senjata (alutsista).

Hal tersebut disampaikan Anggota Komisi I DPR Bobby Adhityo Rizaldi, menyusul adanya kecelakaan pesawat tempur jenis BAe Hawk 209 di Pekanbaru, pagi tadi.

"Saya akan meminta Panglima TNI beserta jajaran agar lakukan investigasi lengkap atas kejadian tersebut, dan inspeksi ulang kesiapan alutsista yang diawaki seperti pesawat, helikopter, kapal selam dan lainnya," kata Bobby saat dihubungi, Jakarta, Senin (15/6/2020).

Menurutnya, banyak alutsista yang dimiliki TNI sudah berumur lebih dari lima sampai 10 tahun. Sehingga diperlukan peremajaan maupun pergantian.

"Armada Hawk ini sudah berumur 25 tahun," ucap Bobby.

Ia menyakini, TNI sudah menerapkan protokol keamanan secara ketat sebelum menerbangkan pesawat, namun tetap diperlukan investigasi untuk mengetahui faktor penyebabnya.

"Apakah faktor human error atau tahapan harwat (perawatan) yang dilewati, kombinasi keduanya atau murni kecelakaan," papar Bobby.

Di sisi lain, Bobby meminta TNI memperhatikan secara penuh korban kecelakaan pesawat dengan memberikan santunan, baik ke prajurit maupun warga yang terdampak.

Baca: Fakta Jatuhnya Jet Hawk 209 TNI AU di Riau: Muncul Api di Pesawat Sebelum Jatuh, Pilot Selamat

Baca: Pesawat Hawk 109 TNI AU yang Jatuh di Pekanbaru Adalah Jet Tempur Latih

Baca: Pesawat TNI AU Jatuh di Riau: Pilot Selamatkan Diri Kursi Pelontar Timpa Rumah Warga

Sebelumnya, pesawat TNI Angkatan Udara (AU) jatuh di Pekanbaru pada Senin, 15 Juni 2020. Pilot Lettu Pnb Apriyanto Ismail berhasil menyelamatkan diri sebelum pesawat jatuh.

Pada Sabtu, 6 Juni 2020, helikopter TNI jenis MI-17 jatuh di Kendal, Jawa Tengah. Lima anggota TNI yang ada di dalam helikopter menjadi korban jiwa.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini