News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Virus Corona

BKN: Pandemi Covid-19 Membuat ASN Dekat dengan Teknologi Informasi

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi: Aktivitas Aparatur Sipil Negara (ASN) saat hari pertama kerja pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi di Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin (8/6/2020). Pada masa PSBB transisi, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengimbau proporsi karyawan perkantoran hanya 50 persen dari keseluruhan pekerja dan sisanya bekerja dari rumah dengan pembagian jadwal kerja dua shift. Tribunnews/Jeprima

 Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  tersendiri bagi kinerja aparatur sipil negara (ASN).

Menurut Bima, ASN menjadi akrab dengan teknologi informasi selama pandemi Covid-19. Komunikasi yang dibangun ASN dalam bekerja di rumah atau work from home (WFH) dibangun melalui teknologi digital.

"Hikmah dari WFH ini membuat asn menjadi lebih dekat dengan teknologi informasi," ujar Bima dalam sambutannya pada diskusi webinar BKN, Rabu (24/6/2020).

Baca: ASN yang Selingkuh di Mobil dengan Wanita Lain Kini Sudah Pulang, Jabatan Terancam Dicopot?

Bima mengungkapkan teknologi digital untuk berkomunikasi sebenarnya sudah dimiliki beberapa instansi. Namun sebelum pandemi, perangkat-perangkat tersebut jarang digunakan.

Menurutnya sistem kerja berbasis teknologi informasi menjadi satu-satunya hal yang bisa menunjang kinerja pemerintah di tengah pandemi ini.

Baca: BKN: Sistem Kerja ASN Tidak Akan Kembali Seperti Sebelum Pandemi

"Penggunaan video conference walaupun sudah dimiliki oleh sebagian besar Kantor Pemerintah, jarang sekali digunakan," ungkap Bima.

Kondisi ini, menurut Bima telah membuat para ASN terbiasa untuk menggunakan teknologi digital dalam bekerja.

"Semua ASN mendadak digital. Keterpaksaan penggunaan teknologi informasi saat ini WFH telah mampu mengubah kebiasaan dan proses bisnis menjadi digital," ucap Bima.

Baca: Belajar Dari Pandemi Covid-19, CPNS Tahun Ini akan Dijuruskan Rekrut ASN Profesional

Baginya, ASN tidak boleh berhenti melayani masyarakat di tengah pandemi corona ini. Menurutnya diperlukan banyak inovasi dan kreativitas untuk bisa melakukan pelayanan publik yang baik di tengah pandemi ini.
 

 
 
 
  

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini