News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Makan Siang Gratis

Tinjau Uji Coba Makan Bergizi Gratis di Hambalang, Gibran Ingatkan Jaga Kualitas Makanan Sesuai Gizi

Penulis: Reza Deni
Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Momen Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka meninjau program makan bergizi gratis di SDN 2 Hambalang, Jawa Barat.

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden Terpilih, Gibran Rakabuming Raka, kembali mengunjungi lokasi uji coba Program Makan Bergizi Gratis (MBG) di SDN 02 Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Dalam keterangan yang diterima, Sabtu (28/9/2024), kedatangan Gibran disambut para siswa, guru-guru dan juga warga sekitar.

Baca juga: Perbedaan Kandungan Gizi Susu Ikan Vs Susu Sapi, Lengkapi Menu Program Makan Siang Gratis

Dalam kunjungan tersebut, Gibran menekankan kembali soal pentingnya menjaga kualitas makanan agar sesuai dengan kebutuhan gizi siswa-siswi di sekolah.

Faktor keamanan dan higienitas makanan juga menjadi perhatian khusus untuk terus dipantau selama masa uji coba. 

Sebelum dibagikan, Gibran dengan teliti memeriksa menu makanan hari itu yang terdiri dari nasi, ayam, sayuran, buah dan susu.

Dalam interaksinya dengan para siswa di SDN 02 Hambalang, Gibran menanyakan apakah makanan yang disediakan enak. Hal itu dijawab serempak oleh para siswa, “Enak!”

Baca juga: Heru Budi: Program Makan Bergizi Gratis di Jakut Terapkan Evaluasi Dampak Pertumbuhan Siswa

“Yang rajin ya belajarnya,” pesan Gibran kepada para siswa.

Ade Khodijah, Kepala Sekolah SDN 02 Hambalang, mengatakan bahwa para siswa dan orang tua murid sangat terbantu dengan berjalannya uji coba Program MBG sejak 20 Mei 2024 yang lalu. 

Sebagai informasi, uji coba di SDN 02 Hambalang menjangkau 433 siswa dan 17 guru. 

"Tingkat kehadiran siswa meningkat dan juga konsentrasi belajar mereka bertambah,” ujar Ade.

Ade juga menekankan bahwa banyak orang tua murid, terutama dari mereka yang termasuk ke dalam kategori keluarga berpenghasilan rendah sangat mengapresiasi adanya program uji coba ini. 

Ade mengungkapkan banyak orang tua murid yang mengaku mereka bisa menghemat pengeluaran untuk makan anak di pagi atau siang hari.

"Para orang tua sangat terbantu, karena banyak dari anak-anak ini biasanya tidak sarapan. Sekarang dapat makan bergizi gratis di sekolah sehingga orang tua mereka bisa sedikit berhemat,” kata Ade.

Nengsih salah satu orang tua murid SDN 02 Hambalang mengatakan bahwa ia sangat bersyukur dengan adanya uji coba Program MBG dan berharap program bisa terus dilanjutkan ke depannya.

Baca juga: Kongres Pertanian Indonesia 2024 Bahas Ketahanan Pangan, Stunting hingga Makan Bergizi

“Alhamdulillah ya membantu semua warga di sini, (anak-anak) kan sering pada tidak sarapan di rumah gitu, membantu banget,” kata Nengsih.  

Selain meninjau jalannya uji coba Program MBG, Gibran juga menyempatkan diri bertemu dengan masyarakat di sekitar sekolah sembari membagikan buku tulis dan susu untuk anak-anak.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini