News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Adaptasi Menuju Kebiasaan Baru, Lapas Narkoba Cipinang Gelar Rehabilitasi dan Launching Aplikasi

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Adaptasi menuju kebiasaan baru, Lapas narkoba Cipinang gelar rehabilitasi dan launching Aplikasi

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Choirul Arifin 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) menyediakan layanan rehabilitasi bagi terpidana di Lapas Narkotika Klas II A Cipinang.

Dirjen PAS Reynhard Silitonga mengatakan, layanan diberikan agar napi penyalahgunaan narkotika dapat lepas dari ketergantungan narkoba mereka.

Termasuk mencegah para napi yang ingin melanjutkan bisnis narkobanya sewaktu masih menghirup udara bebas di dalam penjara.

"Mereka kami rehab agar tak lagi menjadi pecandu narkoba," kata Reynhard saat meninjau Lapas Narkotika Klas II A Cipinang, Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (24/6/2020).

Napi yang berhasil menyelesaikan program rehabilitasi diberi sertifikat sebagai bukti lepas dari jerat ketergantungan narkoba.

Baca: Menkumham Jelaskan Protokol Pelaksanaan New Normal di Lapas kepada Komisi III DPR

Baca: Info BMKG: Prakiraan Cuaca 33 Kota di Indonesia Jumat 26 Juni 2020, Jakarta Pusat Cerah di Pagi Hari

Baca: IMF: Ekonomi Dunia Bisa Tumbuh Nol Persen Tahun 2021 Jika Muncul Corona Gelombang II

Sertifikat itu diharapkan bisa jadi modal para napi usai menjalani masa tahanannya mencari kerja dan 'diterima' di masyarakat.

"Banyak WBP (warga binaan pemasyarakatan) yang mengaku bersyukur bisa kembali ke jalan-Nya setelah sempat terjebak di lembah hitam," ujarnya.

Kalapas Narkotika Klas II A Cipinang Oga Darmawan menuturkan selain rehabilitasi WBP juga mendapat pelatihan keterampilan.

Yakni berupa pelatihan di bidang otomotif, kerajinan tangan, mencukur, hingga keahlian barista hasil kerja sama Ditjen PAS dengan Jeera Foundation.

"Harapan kami mereka yang bebas bisa menjadi manusia yang bermanfaat dan tak kembali terjerumus narkotika," kata Oga.

Baca: BNN Kupang Tangkap Anggota Dewan Diduga Sedang Pesta Narkoba Bersama Wanita di Hotel

Baca: Suami Berkeluh seperti di Penjara dan Singgung Sosok Cemburuan, Evi Masamba Duga Imbas Pandemi

Selain itu sebagai langkah persiapan menuju new normal, lapas Narkotika Klas II A Cipinang juga melaunching applikasi menuju tatanan baru seperti Applikasi Jeera Smart AKB, Jeera Pos dan panic Button

“Kami sebagai bagian dari mitra Ditjen PAS selalu berkomitmen mendukung program Ditjenpas, terlebih dalam menuju tatanan baru, selain membuat applikasi kami juga menyerahkan bantuan 1.000 Rapid Test kepada Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta guna penanggulangan dan deteksi dini Covid-19” ungkap Gusti Arief, Ketua Jeera Foundation.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini