News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Calon Kapolri

Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo Bersafari Temui Ketua Umum Partai Demokrat AHY

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Adi Suhendi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo bersilahturahmi dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Senin (18/1/2021).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo bersilahturahmi dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Senin (18/1/2021).

Foto pertemuan keduanya itu diunggah AHY melalui akun twitternya @agusyudhoyono, Senin (18/1/2021).

Dalam foto itu, AHY tampak didampingi sejumlah pejabat utama partai berlambang bintang mercy tersebut.

Baca juga: Tito Karnavian Minta Bantuan Komjen Listyo Sigit Jaga Iklim Dalam Negeri Tetap Kondusif

"Hari ini, di kantor DPP @PDemokrat, saya bersilaturahmi dengan Komjen Pol Listyo Sigit. Dalam kesempatan ini, saya & @PDemokrat menyampaikan harapan agar nanti jika terpilih, di bwh kepemimpinan beliau, Polri dapat semakin aktif dalam menegakan hukum yang independen, netral, dan imparsial," kata AHY sebagaimana dikutip Tribunnews dalam akun twitternya @agusyudhoyono, Senin (18/1/2021).

AHY mengharapkan Polri bisa semakin profesional dalam menyelesaikan isu-isu terkait intoleransi, radikalisme, serta semakin sukses dalam menciptakan stabilitas keamanan nasional.

Baca juga: Komjen Listyo Sigit Harus Tingkatkan Pengetahuan SDM Polri Hadapi Kejahatan Teknologi

Tak hanya itu, ia juga menyampaikan harapan setelah Listyo nantinya menjabat Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis.

"Terakhir, saya menyampaikan pada Komjen Sigit agar Kapolri yang baru dapat berdiri di atas semua kelompok, golongan dan kepentingan. Agar keadilan dapat dirasakan oleh seluruh rakyat, ‘justice for all’. Semoga sukses Komjen Sigit," tutup AHY.

Tiga Tantangan Berat Bakal Dihadapi Komjen Listyo Sigit

Calon tunggal Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo dinilai akan menghadapi tiga tantangan berat dalam tiga tahun ke depan, jika dia resmi jadi Kapolri. 

"Mulai memasuki Pemilu, Pilkada serentak tahun 2023-2024, lintas agama yang sekarang juga lagi perlu diperhatikan. Tapi, saya pikir dia sosok yang tegas untuk hal itu," kata Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Borobudur, Faisal Santiago, Jumat (15/1/2021).

Untuk jangka pendek, kata Faisal, Listyo Sigit masih akan menghadapi tantangan seperti Jenderal Idham Azis yaitu mengatasi pandemi Covid-19.

Baca juga: Ini Tantangan yang Dihadapi Komjen Listyo Jika Terpilih Jadi Kapolri Menurut Pengamat

Ia menyebut, polisi harus bisa mengayomi masyarakat dan bersikap terukur terhadap pihak-pihak yang melanggar protokol kesehatan. 

"Jangan menggunakan cara-cara kekerasan, karena Covid-19 sudah membuat masyarakat bosen hampir setahun itu mereka tidak melakukan aktifitas, dan aktivitasnya juga lebih banyak mengarah ke ekonomi. Saya pikir lebih persuasiflah, lebih baik daripada penindakan," paparnya.

Baca juga: Jadi Calon Tunggal Kapolri, Jokowi Ingin Dikawal oleh Listyo Sampai Kepemimpinannya Selesai?

Secara personal, Faisal melihat Listyo Sigit memiliki prestasi dan rekam jejak yang baik, serta mampu menjaga kedekatan dengan Presiden Joko Widodo. 

"Untuk ke depan sampai berakhirnya Pak Jokowi, saya pikir cocok untuk menegakkan hukum dan mengayomi masyarakat," kata dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini