News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Prakiraan Cuaca

Peringatan Dini BMKG Jumat 16 April 2021, Ini 27 Wilayah yang Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Garudea Prabawati
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi petir - Simak informasi BMKG peringatan dini cuaca ekstrem yang diperkirakan terjadi hari ini, Jumat (16/4/2021). Inilah 27 wilayah yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem.

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem yang diperkirakan terjadi hari ini, Jumat (16/4/2021).

Dilansir web.meteo.bmkg.go.id, Severe Tropical Storm (STS) "Surigae" terpantau berada di Samudera Pasifik Barat sebelah utara Papua yang bergerak ke arah barat barat laut dengan kecepatan angin maksimum mencapai 50 kt dan tekanan minimum 992 mb.

Sistem ini secara tidak langsung membentuk daerah pertemuan angin (konfluensi) yang memanjang dari Kalimantan Tengah bagian utara, Kalimantan Utara, Sulawesi bagian utara, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua bagian utara.

Selain itu, membentuk juga daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Kalimantan Timur bagian utara hingga Kalimantan Utara.

Baca juga: Prakiraan Cuaca BMKG Hari Ini, Jumat 16 April 2021: Depok & Kota Bogor Diprediksi akan Hujan Petir

Baca juga: Info BMKG: Cuaca 33 Kota Indonesia Besok Jumat 16 April 2021, Surabaya dan Pekanbaru Hujan Petir

STS Surigae juga menyebabkan pembentukan Low Level Jet (LLJ) yang memanjang dari perairan utara Papua Barat hingga Samudera Pasifik utara Papua.

Kondisi ini menyebabkan peningkatan pertumbuhan awan hujan di sekitar STS Surigae dan di sepanjang daerah konfluensi dan konvergensi, serta peningkatan kecepatan angin (>25 kts) dan ketinggian gelombang (>2,5 meter) di sekitar STS Surigae dan disepanjang LLJ tersebut.

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang hari ini Jumat, 16 April 2021 hingga Sabtu, 17 April 2021.

Jumat, 16 April 2021

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

- Aceh

- Sumatera Utara

- Sumatera Barat

- Bengkulu

- Jambi

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini