News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Prakiraan Cuaca

Peringatan Dini BMKG Senin, 31 Mei 2021, Potensi Cuaca Ekstrem Terjadi di 17 Wilayah

Penulis: Suci Bangun Dwi Setyaningsih
Editor: Gigih
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Motor tetap berjalan dibawah guyuran hujan di sertai angin yang menguyur kawasan Bundaran HI, Menteng Jakarta Pusat, Rabu(14/4/2021). Dalam artikel terdapat daftar wilayah yang mendapat peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG pada Senin (31/5/2021).

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem di 17 wilayah Indonesia pada Senin (31/5/2021).

Sebanyak 14 daerah berpotensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Di antaranya adalah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kalimantan Barat.

Sementara tiga wilayah lainnya diperkirakan diguyur hujan yang juga dapat disertai petir hingga angin kencang.

Baca juga: Peringatan Dini BMKG Minggu 30 Mei 2021: 14 Wilayah Waspada Cuaca Ekstrem

Dilansir Bmkg.go.id, Bibit 99W terpantau di Samudera Pasifik timur-tenggara Filipina dengan kekuatan kecepatan angin maksimum mencapai 30 knot dengan pergerakan cenderung persisten.

Sistem ini secara tidak langsung berdampak pada pembentukan daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari perairan Timur Filipina serta daerah pertemuan angin (konfluensi) di Laut Sulawesi bagian utara hingga Samudera Pasifik utara Papua.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah bibit siklon tropis dan di sepanjang daerah konvergensi dan konfluensi tersebut.

Peningkatan kecepatan angin permukaan yang terinduksi dari keberadaan bibit siklon tropis 99W yaitu di perairan utara Maluku Utara hingga Samudera Pasifik utara Papua Barat yang mampu meningkatkan tinggi gelombang di perairan tersebut.

Daerah konvergensi terpantau memanjang di Kalimantan Barat bagian Selatan hingga Kalimantan Utara bagian utara,dari Sulawesi Tenggara bagian selatan hingga Sulawesi Tengah, dan di Papua bagian tengah.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Motor tetap berjalan dibawah guyuran hujan di sertai angin yang menguyur kawasan Bundaran HI, Menteng Jakarta Pusat, Rabu(14/4/2021). Dalam artikel terdapat daftar wilayah yang mendapat peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG pada Senin (31/5/2021). (WARTA KOTA/WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN)

Berikut peringatan dini cuaca ekstrem Senin, 31 Mei 2021, dilansir Bmkg.go.id:

Wilayah berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang

1. Aceh

2. Sumatera Selatan

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini