News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2024

SMRC: Ganjar Pranowo Paling Berpeluang Menangkan Pilpres 2024

Penulis: Reza Deni
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. - Lembaga survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) merilis survei terbaru soal kecenderungan perilaku politik pemilih nasional. Dalam temuannya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo unggul jika Pemilihan Presiden (Pilpres) dilakukan pada saat survei.

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) merilis survei terbaru soal kecenderungan perilaku politik pemilih nasional.

Dalam temuannya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo unggul jika Pemilihan Presiden (Pilpres) dilakukan pada saat survei.

Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin Abbas mengatakan, berdasarkan tiga nama yang selalu ada di urutan atas yaitu Ganjar Pranowo, Prabowo, dan Anies Baswedan, diketahui Ganjar mendapatkan dukungan terbesar.

Survei tersebut dilakukan pada orang yang tahu ketiga tokoh tersebut.

“Survei dilakukan dengan pengetahuan pemilih seperti apa dan siapa yang akan dipilih dari tiga nama tersebut. Hasilnya, Ganjar mendapat dukungan terbesar,” kata Sirojudin Abbas, Selasa (28/12/2021).

Baca juga: Survei SMRC: Elektabilitas Ganjar Pranowo Terus Meningkat dalam 2 Tahun Terakhir

Baca juga: SMRC: Elektabilitas PDI Perjuangan Tertinggi, Golkar dan Gerindra Bersaing Ketat

Abbas menyebut dalam hasil simulasi terbuka 43 nama, Ganjar mendapat dukungan terbesar sebanyak 27,9 persen.

Kemudian, ada Prabowo dengan 15,1 persen dan terakhir Anies dengan 14,7 persen.

Sedangkan jika jumlah survei dikurangi 15 nama, Ganjar unggul 32,2 persen, Prabowo 17 persen, dan Anies 16,3 persen.

“Kita melihat efek tahu ini cukup berpengaruh terhadap perubahan peta dukungan. Karena jika di awal simulasi 15 nama, elektabilitas Ganjar dan Prabowo seimbang, tapi di kalangan warga yang sama-sama mengenal tiga tokoh, Ganjar unggul dari Prabowo dan Anies,” kata Abbas.

Diketahui, survei SMRC digelar pada 8-16 Desember 2021 menggunakan metode multistage random sampling dengan 2.420 responden.

Responden yang dapat diwawancarai secara valid adalah sebanyak 2.062 dengan margin of error sebesar kurang lebih 2,2 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini