News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pandemi Covid-19 Tingkatkan Kesempatan Perempuan jadi Pimpinan di Dunia Kerja

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pekerja kantor berjalan keluar saat istirahat makan siang di kawasan bisnis keuangan Raffles Place di Singapura pada 5 Agustus 2021.

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Laporan Bisnis Internasional Grant Thornton Women in Business 2022 mencatat peningkatan peran perempuan di dunia kerja selama pandemi Covid-19.

Tercatat adanya peningkatan jumlah perempuan di posisi manajemen senior secara global 32 persen pada tahun 2022.

Global Leader Grant Thornton International Ltd Kim Schmidt mengatakan perusahaan kini semakin inklusif untuk menarik calon karyawan.

"Hal tersebut pada akhirnya menguntungkan banyak perempuan, yang dahulu lebih banyak menemui keterbatasan," ucap Kim melalui keterangan tertulis, Selasa (8/3/2022).

Walaupun secara kasat mata seakan tidak ada hubungan langsung antara pandemi dengan kesetaraan gender.

Ternyata dua tahun pandemi menyiratkan adanya dampak tidak langsung pandemi terhadap kesetaraan gender.

Baca juga: Pria Pesisir Selatan Diamankan karena Cabuli Anak di Bawah Umur, Aksi Dilakukan 8 Bulan Lalu

Hasil survei dari International Business Report (IBR) Grant Thornton 2021 menyatakan keragaman dan inklusi dalam bisnis skala menengah mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya.

Sebanyak 73 persen pelaku bisnis skala menengah meyakini bahwa perubahan pada lingkungan kerja selama pandemi akan menguntungkan perjalanan karir perempuan dalam jangka panjang. 

"Sekarang, mereka memiliki kebebasan untuk memilih dan saya berharap kondisi ini akan terus bertahan bahkan semakin banyak lingkungan kerja inklusif di masa mendatang," tutur Kim.

Tidak hanya secara global, peran pemimpin perempuan di Indonesia juga berperan aktif dalam mengembangkan potensinya dalam dunia kerja.

Hasil survey Grant Thornton menyatakan adanya peningkatan jumlah perempuan yang menempati senior management sebanyak 3 poin di angka 38 persen dibanding tahun lalu.

Laporan ini juga menempatkan Indonesia di peringkat ke-5 sebagai negara dengan posisi manajemen senior perempuan paling banyak secara global.

Baca juga: Pria Tanpa Identitas Tewas Usai Melompat dari JPO di Pasar Rebo

Hal ini menunjukkan peran perusahaan Indonesia untuk terus menciptakan lingkungan kerja yang mendukung kesetaraan gender dan menciptakan budaya inklusif.

Johanna Gani, CEO Grant Thornton Indonesia mengatakan perusahaan harus menjunjung serta menciptakan budaya inklusif yang menghargai pendapat dan nilai-nilai yang dimiliki tiap individu.

"Untuk mencapai kesetaraan gender dalam perusahaan, perlu peran aktif dari seluruh pihak untuk menciptakan budaya kesetaraan gender yang mendukung perempuan untuk dapat berkembang dan berkreasi dalam dunia kerja," pungkas Johanna. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini