News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Menko PMK Targetkan Penurunan Stunting Kabupaten Madiun hingga di Bawah 5 Persen

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Theresia Felisiani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menko PMK dalam Dialog Penanganan Stunting bersama Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kecamatan Mejayan, di Pendopo Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, pada Jumat (11/3/2022).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Berdasarkan laporan, angka stunting di Kabupaten Madiun, Jawa Timur telah mencapai 15,59 persen. 

Angka itu menurun dibandingkan tahun 2019 yakni sebesar 24,94 persen.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta pemerintah Kabupaten Madiun tidak berpuas diri dengan keberhasilan yang diraih. 

Baca juga: Kepincut Burung Murai Juara, Wali Kota Madiun Tawar Rp 400 Juta, Si Pemilik Tak Mau Jual

Baca juga: Penampakan Butiran Hujan Es di Surabaya, Madiun, Sragen hingga Karangpandan

Muhadjir menargetkan angka stunting di Kabupaten Madiun turun menjadi di bawah 5 persen di tahun 2024.
 
"Bukan berarti Madiun boleh hanya menargetkan sampai 14 persen pada tahun 2024. Tapi harus karena sekarang sudah 15.5 persen maka tahun 2024 sebaiknya madiun harus di bawah 5 persen untuk stunting," ujar Muhadjir melalui keterangan tertulis, Sabtu (12/3/2022).

Hal itu disampaikan Menko PMK dalam Dialog Penanganan Stunting bersama Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kecamatan Mejayan, di Pendopo Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, pada Jumat (11/3/2022).

Dalam dialog, Muhadjir bergurau dengan ibu-ibu PKK dan penggerak KB untuk membuat angka stunting di Kabupaten Madiun menjadi 0 persen pada tahun 2024. 

Perkataannya itu langsung dibalas tepuk tangan para ibu-ibu kader PKK dan penggerak KB yang menyanggupi dengan serentak mengucapkan kata siap.

"Targetnya kalau Kabupaten Madiun asli 0 alias tidak ada stunting. Mosok Menko-nya asli Caruban orang Mejayan tapi tidak bisa. Jadi harusnya 0. Sanggup toh ibu-ibu sedoyo? Tak catet ini yo," ucapnya guyon. 

Baca juga: Cegah Stunting Sejak Pra Nikah, Menag Minta BKKBN Kolaborasi dengan Ormas

Baca juga: Kementerian Agama Tetapkan Label Halal Indonesia, Berlaku Secara Nasional

Pemerintah terus mengupayakan pencapaian target penurunan stunting hingga 14 persen di tahun 2024. 

Hal itu sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo dalam rangka meningkatkan kualitas pembangunan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang berkualitas dan berdaya saing.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini